7 Aplikasi Edit Video PC yang Mudah Digunakan Pemula

Image title
15 Juli 2021, 12:58
Aplikasi Edit Video PC yang Mudah Digunakan Pemula
ANTARA FOTO/Arif Firmansyah/foc.
Seorang tutor merekam materi pembelajaran media daring dari aplikasi yang bergerak di bidang edukasi Pahamify di Sadewa Raya, Kelurahan Bantarjati, Kota Bogor, Jawa Barat, Rabu (18/3).

Dengan teknologi yang tersedia saat ini, terdapat banyak aplikasi edit video yang  dapat digunakan melalui PC atau personal computer. Sebagai pemula, bisa jadi Anda kebingungan untuk memilih aplikasi mana yang cocok digunakan.

Untuk mengatasi kebingungan tersebut, berikut ini daftar aplikasi edit video PC yang mudah digunakan untuk pemula.

1. VSDC Free Video Editor

Rekomendasi pertama jatuh pada VSDC Free Video Editor. Video editor ini berfungsi untuk untuk mengedit dan membuat video dengan sederhana hingga rumit. Aplikasi ini gratis dan memiliki serangkaian fitur canggih termasuk koreksi warna dan pengeditan audio. Tampilan VSDC sederhana dan mudah digunakan sehingga ramah untuk pemula.

VSDC juga memiliki berbagai efek visual dan audio ke video Anda untuk mencapai hasil yang diperlukan secara optimal dengan usaha minimal. Selain itu, VSDC dilengkapi dengan alat konversi video dan audio untuk mengonversi file dari satu format ke format lainnya.

Fitur lain dari VSDC adalah fitur menerapkan efek dan filter audio ke dalam video. Beberapa efek yang paling populer adalah normalisasi suara, koreksi volume, gema, equalizer, dan lainnya.

VSDC mudah digunakan untuk pemula hingga profesional yang ingin menghemat waktu. Aplikasi ini dapat digunakan melalui sistem Windows.

2. Shotcut

Shotcut adalah aplikasi yang cocok untuk pemula karena tampilannya yang mudah serta tidak dipungut biaya. Jika dapat menguasai aplikasi ini, kemungkinan besar Anda dapat mengembangkan keterampilan edit video di kemudian hari.

Shotcut dapat mengajari Anda dasar-dasar edit video secara gratis melalui video tutorial yang tersedia di situs mereka. Salah satu fitur unggulan Shotcut adalah kemampuan mengedit video dengan resolusi 4K HD. Selain itu, Shotcut juga mendukung edit video dengan resolusi 1080p pada 60 FPS (frame per second).

Fitur lain dari Shotcut adalah fitur merekam webcam dan audio. Selanjutnya, aplikasi ini juga memiliki berbagai efek visual dan transisi untuk membuat video Anda menjadi lebih indah sesuai dengan kreasi yang diinginkan. Shotcut tersedia untuk sistem Windows, Mac, and Linux.

3. Machete Lite

Bagi Anda yang ingin video editor sederhana dengan fitur dasar yang tidak rumit, Machete Lite dapat menjadi pilihan. Video editor ini gratis dan dapat digunakan untuk mengedit dengan cepat di komputer Windows. Namun, versi gratisnya hanya mendukung file AVI dan WMV.

Fitur Machete Video Editor Lite meliputi:

  • Salin, potong, tempel, dan hapus fragmen file video.
  • Mengintegrasikan satu video ke video lain dengan format yang sama.
  • Mengedit metadata untuk semua format media yang kompatibel.
  • Ekstraksi video sebagai file individual.

Machete Lite tersedia untuk sistem Windows.

Halaman:
Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...