Cek Fakta: Vaksin Jadi Penyebab Tingginya Kasus Covid-19?

Sorta Tobing
14 Juli 2021, 16:19
vaksin, vaksin virus corona, Covid-19, cek fakta vaksin, virus corona
AstraZeneca
Ilustrasi vaksin Covid-19.
GNI: Keliru
 

Media sosial ramai dengan unggahan soal lonjakan kasus Covid-19 yang terjadi di Indonesia usai program vaksinasi berjalan. Narasi bahaya vaksin virus corona juga kerap beredar.

Misalnya, akun Facebook Lazyboy yang mempertanyakan program vaksin sudah berlangsung, tapi banyak korban virus corona meninggal. Berikut ini unggahannya pada 10 Juli lalu berupa tangkapan layar.

“LUR AKU HERAN, SEBELUM PROGRAM VAKSIN +COVID19 SUDAH MULAI MENURUN. TAPI PADA SADAR NGGAK SEHABIS PORGRAM VAKSIN MALAH BANYAK YANG MENINGGAL? DI DESAKU BANYAK YANG MENINGGAL DAN KEBANYAKAN YANG SUDAH PERNAH VAKSIN. APA NGGON KU TOK?”

Sebelum ini pun banyak bermunculan informasi yang menyebut vaksin virus corona dapat menyebabkan penerimanya mengalami kematian. Pada akhir Mei lalu sempat beredar pesan berantai yang menyebut orang yang sudah divaksin Covid-19 akan menghadapi kematian dalam dua tahun. 

Vaksinasi untuk Pelajar
Vaksin Covid-19 untuk pelajar. (ANTARA FOTO/Arnas Padda/yu/foc.)

Penelusuran Fakta

Dari penelusuran cek fakta Katadata.co.id, pemerintah telah menyebut lonjakan kasus virus corona yang terjadi di Indonesia selama hampir sebulan terakhir karena kemunculan varian Delta. Varian asal India ini menginfeksi dengan cepat dibandingkan virus asalnya.

Negeri Bollywood sempat merasakan hal tersebut pada April sampai awal Juni lalu. Rekornya, jumlah kasus Covid-19 menembus 400 ribu per hari. Dampaknya adalah rumah sakit kewalahan menangani pasien, pasokan oksigen dan obat-obatan tak cukup memenuhi permintaan, serta lonjakan kematian pun terjadi. 

Indonesia saat ini sedang berada dalam kondisi tersebut. Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin telah meminta masyarakat untuk mengurangi mobilitasnya di luar rumah selama varian Delta atau B.1.617.2 masih menyebar di beberapa daerah.

Halaman:

Konten cek fakta ini kerja sama Katadata dengan Google News Initiative untuk memerangi hoaks dan misinformasi vaksinasi Covid-19 di seluruh dunia.

google news initiative x katadata

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...