Profil Sugiharto, Mantan Menteri BUMN yang Wafat karena Covid-19

Sorta Tobing
15 Juli 2021, 16:16
Mantan Menteri BUMN Sugiharto.
Katadata/Agung Samosir
Mantan Menteri BUMN Sugiharto (kiri) meninggal Kamis pagi (15/7) karena terinfeksi Covid-19.

Mantan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Sugiharto meninggal dunia pagi tadi, Kamis (15/7/2021). Berita duka ini muncul pada unggahan Kementerian BUMN pada akun Twitternya.

“Keluarga besar Kementerian BUMN dan BUMN berbelasungkawa atas berpulangnya Bapak Sugiharto SE, MBA, Menteri BUMN periode Oktober 2004-Mei 2007,” cuit @KemenBUMN. 

Kementerian BUMN menulis, nasehat almarhum yang selalu diingat adalah tentang pentingnya profesionalisme dan integritas. Tanpa dua prinsip itu, tidak akan tercipta sebuah manajemen yang baik.

Sebelum wafat, Sugiharto sempat dirawat di Rumah Sakit Pusat Pertamina (RSPP), Jakarta, karena terinfeksi Covid-19. Jenazah telah dibawa ke rumah duka di Jalan Ciniru 1, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Berikut ini profil singkatnya.

Profil Sugiharto

Pria kelahiran Medan, Sumatera Utara, 29 April 1955 ini meraih sarjana ekonomi dari Universitas Indonesia. Ia lalu melanjutkan pendidikan master di Belanda. Setelah itu, gelar doktor ia peroleh dari Universitas Gadjah Mada.

Pada 21 Oktober 2004, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menunjuknya sebagai Menteri BUMN dalam Kabinet Indonesia Bersatu. Saat terpilih, ia melepas jabatannya sebagai Direktur Keuangan PT Medco Energi Internasional Tbk. Sebelum itu, ia juga pernah menjabat sebagai staf khusus Wakil Presiden Hamzah Haz pada periode 2002 sampai 2004.

Usai tak lagi menjadi menteri, posisinya digantikan oleh Sofyan Djalil, yang kini menjabat Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN). Setelah itu, Sugiharto menjadi Komisaris Utama PT Pertamina (Persero). Jabatan ini ia emban selama lima tahun dari 2010 Sampai 2015.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...