Manfaat Daun Kelor untuk Melawan Diabetes, Anemia, hingga Diare

Image title
16 Juli 2021, 18:28
Manfaat daun kelor bagi kesehatan
pixabay.com
Manfaat daun kelor bagi kesehatan

Daun kelor terkenal sebagai salah satu bahan pengobatan tradisional yang berasal dari tanaman kelor (Moringa oleifera). Tanaman asli India utara ini dapat tumbuh di tempat tropis dan subtropis lainnya, seperti Afrika dan Asia, termasuk Indonesia.

Tanaman kelor memiliki ketinggian sekitar 7 meter sampai 11 meter dan tumbuh subur di dataran rendah hingga ketinggian 700 meter di atas permukaan laut. Tanaman ini dapat tumbuh di semua jenis tanah serta tahan terhadap musim kering dengan toleransi terhadap kekeringan mencapai enam bulan.

Manfaat dan khasiat tanaman kelor dapat ditemukan pada seluruh bagian tanaman, mulai dari daun, batang, akar maupun biji. Karena itu, kelor disebut juga miracle tree dan mother’s best friend. Di antara bagian-bagian tanaman ini, daun kelor memiliki kandungan nutrisi tinggi bagi kesehatan.

Daun kelor mudah didapatkan untuk diolah. Di beberapa wilayah di Indonesia, terutama pada bagian timur, daun ini  dikonsumsi sebagai salah satu menu sayuran. Manfaat daun kelor beragam, mulai dari mengatasi diabetes, anemia, hingga masalah diare.

Untuk memenuhi kebutuhan nutrisi, daun kelor dapat dikonsumsi dalam berbagai sajian, antara lain sebagai bahan sayuran, suplemen (kapsul, tablet, minyak), dan dalam bentuk serbuk. Apa saja manfaat daun kelor? Ini pembahasannya.

1. Mengobati diabetes

Daun kelor mengandung asam klorogenat (chlorogenic acid) yang menstabilkan kadar gula darah. Asam klorogenat yang ditemukan pada daun kelor dapat membantu tubuh memproses gula dengan lebih baik dan dapat memperbaiki cara tubuh melepaskan insulin.

2. Mencegah anemia

Daun kelor dapat digunakan untuk mencegah anemia karena memiliki kandungan zat besi yang tinggi. Anemia adalah kondisi ketika tubuh kekurangan sel darah yang sehat. Salah satu penyebab anemia adalah kurang mengonsumsi zat besi. Tubuh membutuhkan zat besi untuk membuat hemoglobin, protein dalam sel darah merah yang membawa oksigen dari paru-paru ke seluruh bagian tubuh, dan mioglobin, protein yang menyediakan oksigen ke otot.

Menurut penelitian dalam Pakistan Journal of Nutrition Volume 3, daun kelor mengandung zat besi lebih tinggi daripada sayuran lainnya yaitu sebesar 17,2 miligram per 100 gram. Mengonsumsi daun kelor secara teratur dapat memenuhi kebutuhan zat besi sehingga mencegah anemia.

Halaman:
Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...