UIN Yogya Akan Beri Gelar Honoris Causa, Ini Profil Paus Fransiskus

Sorta Tobing
28 Juli 2021, 13:53
paus Fransiskus, uin sunan kalijaga, uin yogya, uin yogyakarta, kementerian agama
ANTARA FOTO/REUTERS/Yara Nardi/RWA/dj
Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga, Yogyakarta, akan memberikan gelar kehormatan Doktor Honoris Causa (HC) kepada pemimpin agama Katolik saat ini, Paus Fransiskus.

Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga, Yogyakarta, berencana memberikan gelar kehormatan Doktor Honoris Causa (HC) kepada pemimpin agama Katolik saat ini, Paus Fransiskus, dan Imam Besar Al Azhar, Mesir, Syekh Ahmed al-Tayeb. Dua tokoh tersebut dianggap memiliki jasa besar dalam kemanusiaan dan toleransi. 

Dalam audiensi dengan Kementerian Agama, Rektor UIN Sunan Kalijaga Al Makin menyampaikan pemberian gelar ini sudah mendapatkan persetujuan dari beberapa pihak. “Kami sudah mengajukan, dan alhamdulillah mendapatkan dukungan dari berbagai pihak,” katanya, Senin (26/7), dikutip dari situs resmi Kementerian Agama.

Untuk teknis pemberian gelar, dapat dilakukan secara langsung dengan menghadirkan kedua tokoh ini ke Indonesia atau melalui sambungan virtual. “Jika kedua tokoh agama dunia ini berkenan hadir di Indonesia, maka akan memberi impact luar biasa bagi dunia Internasional,” ujar Al Makin.

Merespon hal itu, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengatakan pihaknya mendukung pemberian gelar kehormatan tersebut. Namun, semuanya harus sesuai dengan regulasi yang berlaku. “Jika regulasi, secara administrasi bisa diberi gelar kehormatan, saya mendorong ini untuk ditindaklanjuti,” ucapnya.

Yaqut menilai dia mendukung usulan ini karena sejalan dengan rencana Presiden Joko Widodo yang akan mencanangkan 2022 sebagai tahun toleransi. “Pemberian gelar kehormatan kepada kedua tokoh tersebut momentumnya sangat kuat,” ujar mantan Panglima Tertinggi Banser Nahdlatul Ulama tersebut.

Gelar honoris causa adalah sebuah gelar kesarjanaan yang diberikan oleh perguruan tinggi kepada seseorang yang dianggap memiliki jasa atau karya yang luar biasa bagi ilmu pengetahuan dan umat manusia.

MYANMAR-POLITICS/POPE-MASS
Paus Fransiskus. (ANTARA FOTO/REUTERS/Remo Casilli/Pool/HP/sa.)

Tentang Paus Fransiskus

Salah satu tokoh yang akan diberi gelar HC ini adalah Jorge Mario Bergoglio atau biasa kita kenal dengan sebutan Paus Fransiskus. Ia lahir di Buenos Aires, Argentina, 17 Desember 1936. 

Setelah menyelesaikan pendidikan tingginya, ia kemudian bekerja sebagai ahli kimia untuk perusahaan makanan. Bergoglio juga pernah menjadi seorang bouncer (security) di klub malam. 

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...