Alasan Erick Thohir dan Anindya Bakrie Incar Saham Oxford United

Sorta Tobing
2 Agustus 2021, 16:22
erick thohir, anindya bakrie, sepak bola, oxford united
Instagram/@oufcofficial
Klub sepak bola asal Inggris, Oxford United.

Menteri BUMN Erick Thohir dan pengusaha Anindya Bakrie akan beli 51% saham Oxford United, klub sepak bola Inggris. Kabarnya, proses pembelian ini tinggal menunggu persetujuan English Football League (EFL).

Sejak November 2018, Erick dan Anin diketahui telah menjadi petinggi di Oxford United. Kini, keduanya berusaha memiliki saham mayoritas dari klub sepak bola asal Inggris tersebut.

Mereka akan mengambil porsi saham yang saat ini dipegang oleh pengusaha asal Thailand, yaitu Sumrith “Tiger” Thanakarnjanasuth. Nantinya, Erick dan Anin akan memegang porsi saham masing-masing sebesar 25,5%.

Saat ini, rencana akuisisi saham mayoritas tersebut masih dalam proses. Keputusan EFL, selaku operator kompetisi sepakbola di Inggris, akan terbit sebelum bursa transfer tutup pada 31 Agustus 2021.

Sebelumnya, kedua pengusaha tersebut menargetkan kesepakatan pembelian saham akan selesai beberapa pekan setelah pengajuan proposal pada Maret 2021. Ternyata, prosesnya lebih lambat dari yang ditargetkan.

“Ini adalah sesuatu yang sangat kami senangi. Pada waktu yang tepat, saya yakin klub akan membuat pengumuman,” ujar Anin, dikutip dari Oxford Mail, Jumat (30/7).

Mengapa Erick dan Anin Incar Oxford United?

Dalam wawancara bersama Oxford Mail pekan lalu, putra pertama politikus Abu Rizal Bakrie ini menyebut, dirinya dan Erick siap mendukung pengembangan klub dan merasa terhormat menjadi bagian Oxford United.

“Niat untuk berpartisipasi lebih besar ialah untuk meningkatkan kinerja klub ke depan. Di Oxford, hari-hari baik belum datang dan kami berharap kami bisa menjadi bagian darinya,” ujar Anin.

Anin menargetkan, Oxford United masuk ke jajaran 30 klub besar di Inggris. “Saya pikir, ini harus menjadi target. Saya melihat transfer masuk dan keluar dan kami dapat bekerja dengan tim untuk meningkatkan ke level berikutnya,” katanya.

Target tersebut akan dikejar dengan membawa konsep manajemen yang sederhana namun jelas. Selain itu juga menggunakan sumber daya manusia yang mendukung.

“Kita tunggu saja tanggal mainnya, karena semua ini kan ada proses. Tapi, memang dari awal kita percaya akan potensi Oxford United untuk naik kelas ke Divisi Championship,” ucapnya.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
A post shared by Anindya Bakrie (@anindyabakrie)

Perkataan Anin ini senada dengan pernyataan pelatih Oxford United, Karl Robinson. Sang pelatih juga menargetkan, klub dengan sebutan The Us ini, masuk dalam 30 klub terbaik di Inggris dalam lima tahun ke depan.

Sementara, melansir dari laporan Republika.co.id bulan lalu, Anin mengatakan alasannya membeli klub ini. Ia ingin berlatih sebelum membeli klub di kompetisi yang lebih tinggi.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...