Paris Van Java: Tempat Wisata Keren dan Kekinian di Kota Bandung

Siti Nur Aeni
9 Agustus 2021, 13:49
Paris Van Java Mall di Kota Bandung, Jawa Barat
instagram.com/pvjofficial
Paris Van Java Mall di Kota Bandung, Jawa Barat

Mendengar kata Bandung mungkin yang akan teringat adalah keindahan kota dan julukan Paris Van Java yang tersemat padanya. Kota ini sejak lama populer dan banyak dikunjungi wisatawan dari dalam maupun luar negeri.

Udara yang sejuk membuat banyak orang betah untuk berkunjung ke sana. Selain itu, ibu kota provinsi Jawa Barat ini juga terkenal sebagai kota wisata.

Salah satu tempat wisata yang sering dikunjungi pelancong, yaitu Paris Van Java atau PVJ. Apa saja yang ada di tempat wisata tersebut? Simak penjelasan berikut.

Sejarah Paris Van Java

Sejarahnya penyebutan Paris Van Java pada Bandung ternyata sudah ada sejak masa kolonial Belanda. Julukan ini tersandang sejak 1920an. Pada tahun itu, Bandung sedang banyak pembangunan untuk memenuhi seluruh kebutuhan masyarakatnya.

Nama PVJ mulai muncul saat ada Bursa Tahunan di Jalan Aceh yang menyajikan berbagai tontonan dan hiburan. Tidak hanya itu, di Jalan Braga juga menjadi salah satu pusat fashion dan perbelanjaan. Daerah hiburan dan perbelanjaan tersebut membuat Bandung semakin mirip dengan Eropa, khususnya Paris. Dari sinilah sebutan Paris Van Java untuk Bandung tercetus.

Wisata Mall Paris Van Java

Ternyata kata “Paris Van Java” tidak hanya julukan untuk Kota Bandung. Ada juga tempat wisata yang dilabeli dengan nama tersebut. Pada Juli 2006, pemerintah resmi membuka sebuah pusat perbelanjaan atau mal dengan nama Paris Van Java. Mal ini sukses untuk menarik banyak wisatawan datang berkunjung dan menjadi salah satu ikon Kota Bandung.

Sebagaimana namanya, mal ini mengusung tema ala Eropa dengan nuansa outdoor membuat siapa saja yang datang merasakan suasana seperti di Paris. Bagi Anda yang belum pernah berkunjung ke tempat ini mungkin bertanya-tanya, apa yang membuat mal ini begitu spesial. Mal Paris Van Java menyediakan berbagai layanan mulai dari pusat belanja, kuliner, hiburan, hingga wisata edukasi.

Penasaran apa saja yang ada di mal tersebut? Berikut penjelasannya.

1. Tempat belanja

Sama halnya dengan mal lain, Paris Van Java Mall juga menyediakan fasilitas berbelanja untuk setiap pengunjungnya. Ada berbagai toko yang buka setiap hari. Mulai dari barang-barang dari dalam hingga luar negeri. Jika  datang saat akhir pekan, maka Anda akan melihat banyak orang memadati tempat ini untuk berbelanja.

2. Wisata kuliner

Selain sebagai tempat belanja, Paris Van Java mall juga menyediakan berbagai cafe dan restaurant yang bisa Anda kunjungi. Makanan yang tersedia sangat beragam, mulai dari  khas Sunda hingga makanan Eropa juga ada di sana.

Halaman:
Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...