Kemenkes Targetkan Perbaikan Data Kematian Covid-19 Rampung Tiga Pekan

Rizky Alika
14 Agustus 2021, 10:30
data kematian, kematian, covid-19, kementerian kesehatan, satgas covid-19
Muhammad Zaenuddin|Katadata
Petugas berdiri di area pemakaman korban Covid-19 usai memakamkan jenazah TPU Rorotan, Jakarta Utara, Jumat, (16/7/2021).

Pemerintah menghapus sementara data kematian akibat Covid-19 dari indikator level pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat atau PPKM lantaran sedang melakukan perbaikan. Kementerian Kesehatan berharap, perbaikan data rampung dalam tiga minggu.

Langkah ini pemerintah lakukan di seluruh provinsi. ”Tiga minggu diharapkan rampung ya, maksimal," kata Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 dari Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi kepada Katadata.co.id, Jumat (13/8).

Pusat Data dan Informasi (Pusdatin) Kementerian Kesehatan akan melakukan perbaikan data tersebut. Ketua Bidang Penanganan Kesehatan Satgas Covid-19 Alexander K Ginting mengatakan, akan menunggu perbaikan data kematian hingga periode PPKM selesai.

Sebagai informasi, PPKM Level 4 Jawa-Bali saat ini sampai dengan 16 Agustus 2021. Luar Jawa-Bali sampai dengan 23 Agustus. “Nah, kami tunggu setelah periode ini," ujar dia.

Kematian Covid-19 Indonesia telah mencapai 113.664 jiwa hingga 12 Agustus 2021. Kematian ini bertambah 1.466 jiwa sehari sebelumnya. 

Angka tersebut membawa Indonesia sebagai negara dengan kematian kedua tertinggi Asia pada 13 Agustus 2021. Peringkat pertama masih diduduki oleh India dengan total kasus sebanyak 430.285 jiwa, seperti terlihat pada Databoks di bawah ini. 

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...