Anies Targetkan dalam 10 Hari 2 Juta Warga Terima Vaksin Covid-19

Image title
Oleh Antara
14 Agustus 2021, 16:00
vaksin, vaksin virus corona, covid-19, jakarta, anies baswedan
ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/rwa.
Tenaga kesehatan bersiap menyuntikkan vaksin Covid-19 kepada warga di Stasiun Jakarta Kota, Jakarta, Rabu (28/7).

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menargetkan dalam 10 hari dapat mencapai dua juta warga mendapatkan vaksin virus corona. Dalam sehari, patokannya adalah 260 ribu vaksinasi.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengajak warga Ibu Kota untuk menjalani program vaksin agar dapat menekan risiko berat infeksi Covid-19. “Gerakan vaksinasi ini sekarang masif dan mudah-mudahan segera tuntas,” katanya di Pusat pelatihan Olahraga Pelajar (PPOP), Jakarta, Sabtu (14/8).

Saat ini pemberian vaksin dosis pertama di Jakarta sudah mencapai 8,86 juta atau 99,1% dari total sasaran 8,94 juta warga. Namun, sekitar 40% penerima bukan warga dengan kartu tanda penduduk atau KTP DKI Jakarta. Untuk dosis kedua sudah mencapai 4 juta orang atau 44,8%.

Berdasarkan data corona.jakarta.go.id, penerima vaksin dosis pertama dengan KTP Jakarta mencapai 5,3 juta orang. Dengan demikian, jumlah sasaran warga yang belum mendapat vaksinasi diperkirakan mencapai 2,6 juta orang.

Pemprov DKI Jakarta menaikkan sasaran vaksinasi menjadi 11 juta orang dari sebelumnya 8,94 juta. Penambahan sasaran vaksinasi itu mengingat warga yang beraktivitas di Jakarta juga berasal dari beberapa kota dan provinsi yang bersebelahan dengannya. 

Infografik_Wajib kartu vaksin di fasilitas publik
Infografik_Wajib kartu vaksin di fasilitas publik (Katadata)

Parameter untuk Tetapkan Level PPKM

Pada kesempatan yang sama, Anies menginginkan parameter objektif untuk menentukan level pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) di Ibu Kota. Saat ini Jakarta sudah bebas dari zona merah COVID-19.

Dalam parameter yang sudah ada, menurut dia, ada sejumlah kriteria untuk menentukan tingkat atau level PPKM di suatu daerah. Termasuk di dalamnya tingkat keterisian tempat tidur rumah sakit, jumlah kasus positif, dan mobilitas masyarakat.

Halaman:
Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...