8 Tips Berkendara Mobil Jarak Jauh Aman dan Nyaman

Image title
23 Agustus 2021, 18:32
Tim Katadata.co.id melakukan perjalanan menuju Mercusuar Titik Nol, Anyer, Banten, Sabtu, (7/8/2021). Simak 8 tips berkendara mobil jarak jauh agar aman dan nyaman
Muhammad Zaenuddin|Katadata
Tim Katadata.co.id melakukan perjalanan menuju Mercusuar Titik Nol, Anyer, Banten, Sabtu, (7/8/2021).

Perjalanan jauh menggunakan mobil atau disebut juga road trip merupakan aktivitas yang menyenangkan dan penuh petualangan. Melintasi jalan dengan berbagai pemandangan yang luar biasa dapat membawa kesenangan tersendiri.

Berkendara jauh menggunakan mobil dalam perjalanan panjang dapat terasa menyenangkan pada awalnya. Tetapi, kesenangan tersebut dapat cepat hilang ketika rasa lelah dan tidak nyaman mulai menyerang.

Sebelum berkendara, penting untuk mempersiapkan semua kebutuhan untuk membuat pengalaman perjalanan Anda menyenangkan dan tanpa beban. Untuk membantu mempersiapkan perjalanan Anda, berikut sejumlah tips perjalanan jauh dengan mobil untuk membuat perjalanan lebih aman dan nyaman.

Pemeriksaan Keadaan Mobil

Persiapan awal sebelum perjalanan menggunakan mobil adalah melakukan pemeriksaan keadaan mobil untuk memastikan keamanan kendaraan. Tips mempersiapkan perjalanan jauh sebelum memulai perjalanan adalah sebagai berikut:

  1. Pastikan untuk memeriksa semua dokumen seperti surat izin mengemudi (SIM) dan buku pemilik kendaraan bermotor (BPKB) serta dokumen asuransi. Periksa juga tanggal kadaluarsanya.
  2. Isi bahan bakar mobil hingga penuh.
  3. Cek tekanan ban dan isi ulang apabila kurang.
  4. Periksa aki mobil  untuk memastikan sambungannya kencang dan bebas korosi.
  5. Periksa cairan mobil, termasuk oli mesin, power steering, dan cairan transmisi dan cairan pembersih kaca depan.
  6. Pastikan semua lampu interior dan eksterior pada mobil berfungsi dengan baik.
  7. Periksa rem mobil, pastikan berfungsi dengan baik.

Barang yang Harus Dibawa saat Berkendara Mobil Jarak Jauh

Setelah menyelesaikan pemeriksaan mobil, langkah selanjutnya adalah memastikan untuk memasukkan barang-barang esensial agar perjalanan tetap aman. Berikut adalah daftar barang-barang yang harus Anda bawa dalam perjalanan panjang.

1. Oli dan air radiator

Membawa beberapa botol oli dan air radiator dapat mengantisipasi kejadian tidak diinginkan di tengah perjalanan. Mesin mobil bisa jadi kehabisan cairan penting ini dan Anda mungkin tidak menemukan tempat penjualannya dengan mudah.

2. Ban ekstra

Salah satu kerusakan paling umum yang bisa dialami siapa pun selama perjalanan jauh adalah ban kempes. Membawa ban ekstra atau ban cadangan yang dipompa (stepney) berguna jika terjadi kejadian yang tidak diinginkan.

3. Pengukur tekanan udara dan pompa

Tekanan ban harus diperiksa secara teratur selama perjalanan jauh. Mengemudi jarak jauh berdampak pada ban mobil Anda sehingga rentan pecah jika tekanan udara yang pas tidak dipertahankan. Membawa pompa juga dapat berguna untuk lebih menjamin keamanan mobil.

4. Perangkat tambahan

Sebagian besar mobil datang dengan peralatan atau toolkit dasar. Toolkit tersebut umumnya sangat minimalis dan tidak cukup untuk berbagai masalah yang mungkin muncul selama perjalanan panjang. Karena itu, Anda apat membawa peralatan tambahan yang harus mencakup berbagai ukuran obeng, tang, dan selotip hitam ekstra.

Tips Berkendara Mobil Jarak Jauh

Berikut ini merupakan tips berkendara mobil jarak jauh yang dapat Anda terapkan agar perjalanan menjadi aman dan menyenangkan.

1. Buat rencana perjalanan

Anda harus tahu ke mana akan pergi dengan membuat rencana perjalan. Hal tersebut berfungsi untuk memastikan perjalanan menjadi santai dan menyenangkan. Rencanakan rute, mulai dari jalan yang akan diambil hingga menggunakan global positioning system atau GPS.

Ketahui juga di mana Anda dapat berhenti untuk mengisi bahan bakar, makan, salat, dan istirahat yang aman di sepanjang jalan. Pastikan juga jalan yang akan Anda lalui dalam kondisi baik.

Halaman:
Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...