7 Jenis Monstera Terpopuler untuk Koleksi dan Budi Daya

Image title
30 Agustus 2021, 18:43
monstera, tanaman hias, tanaman langka, monstera deliciosa, daun monstera
Stanislav Kondratiev/Pexels
Ilustrasi tanaman monstera.

Tanaman hias tak hanya mempercantik rumah tetapi juga memiliki nilai jual yang tinggi. Monstera, atau dikenal sebagai “janda bolong”, adalah salah satu tanaman hias yang populer dan mahal karena beberapa jenisnya yang langka.

Sebagai informasi, produksi tanaman hias hingga triwulan II pada 2020 mencapai 342,4 juta bagian (pieces/pcs) berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS). Sedangkan ekspor tanaman hias pada tahun yang sama mencapai 4,2 juta kilogram atau setara dengan US$ 12,2 juta.

Advertisement

Munculnya tren tanaman hias mengakibatkan kenaikan minat masyarakat untuk mengoleksi tanaman tertentu, seperti monstera, sehingga permintaan melonjak. Jumlah tanaman yang diminta saat ini jauh melebihi pasokannya dengan harga pasar saat ini.

Kekurangan pasokan tersebut menyebabkan harganya terkerek. Karena permintaan terus meningkat dan pasokan terbatas maka tanaman menjadi langka. Pada saat yang sama, harga yang lebih tinggi berarti lebih banyak pendapatan bagi pemasok.

Namun, ada pula beberapa jenis yang masih mudah ditemukan dengan harga wajar. Untuk mengetahui lebih dalam, simak pembahasan jenis-jenis monstera berikut ini.

1. Monstera Deliciosa

Monstera Deliciosa
Monstera Deliciosa (Pexels)

Monstera deliciosa, umumnya dikenal sebagai Swiss Cheese Plant atau Hurricane Plant, adalah spesies tanaman dalam keluarga Araceae. Nama deliciosa berarti lezat, yakni mengacu pada buah yang dapat dimakan. Sedangkan monstera berarti monster, mengacu pada ukuran tanaman yang besarnya mencapai 9 meter (30 kaki).

Dikutip dari Purdue University, monstera deliciosa mampu tumbuh setinggi 20 meter di alam liar. Daunnya besar, kasar, mengkilap, dan berbentuk hati dengan panjang 25 sampai 90 sentimeter (cm) dan lebar 25 hingga 75 sentimeter. Daun pada tanaman muda lebih kecil dan utuh tanpa lobus atau lubang, kemudian menghasilkan daun berlubang saat tumbuh.

2. Monstera Adansonii

Monstera Adansonii
Monstera Adansonii (Huy Phan/Unsplash)

Monstera adansonii dikenal dengan daun berbentuk hati yang indah. Tanaman sekilas mirip dengan Monstera deliciosa. Tetapi jenis adansonii tidak tumbuh sebesar jenis deliciosa. Selain itu, daunnya memiliki lebih banyak lubang.

Tanaman ini dapat tumbuh setinggi 1.5 meter sebagai tanaman hias dan hingga 4 meter sebagai tanaman merambat. Daunnya berbentuk hati atau lonjong dan berfungsi untuk menangkap sinar matahari secara efisien.

Monstera adansonii biasanya tumbuh dalam hutan hujan tropis dan hanya membutuhkan pencahayaan sedikit untuk berkembang. Saat tumbuh dewasa, daunnya secara bertahap mengembangkan lebih banyak lubang.

3. Monstera Variegata

Monstera Variegata
Monstera Variegata (Huy Phan/Unsplash)

Monstera variegata mengacu pada mutasi yang mengakibatkan munculnya warna lain pada daun. Mutasi dapat terjadi dalam tiga warna berbeda, yaitu hijau muda (sport), kuning (aurea) dan putih/krem (albo).

Beberapa contoh monstera variegata adalah monstera deliciosa albo variegata, monstera deliciosa aurea variegata, monstera deliciosa sport variegata, monstera borsigiana albo variegata, dan lain-lain.

Ada dua jenis bentuk variegata utama yang ditemukan pada daun, yaitu marmer dan sektoral. Variegata marmer memiliki bercak terang dan gelap yang didistribusikan secara merata di seluruh permukaan. Sedangkan variegata sektoral adalah ketika ada bercak putih besar pada daun. Satu helai daun dapat memiliki dua variegata sekaligus.

Monstera variegata memiliki harga yang sangat mahal karena kelangkaan dan popularitasnya. Kurangnya klorofil pada daun berarti membutuhkan lebih banyak cahaya dan tumbuh lebih lambat. Pertumbuhan yang lebih lambat berarti budi daya yang lebih lambat sehingga menghasilkan sedikit tanaman baru.

Halaman:
Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement