Malaysia Terpilih Sebagai Anggota Majelis HAM PBB

Image title
Oleh Antara
16 Oktober 2021, 10:11
Malaysia, PBB, Anggota HAM PBB
ANTARA FOTO/ Rafiuddin Abdul Rahman/foc.
Ilustrasi. Malaysia terpilih menjadi anggota Majelis HAM PBB.

Malaysia terpilih menjadi anggota Majelis Hak Asasi Manusia (HAM) Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) periode 2022 sampai 2024. Pemilihannya berlangsung pada sesi ke-76 Sidang Umum PBB di New York, Kamis (14/10).

Dalam pernyataannya, Kementerian Luar Negeri Malaysia menyebut negaranya berhasil meraih 183 suara. Hal ini menjadi bukti pengakuan dan keyakinan masyarakat internasional terhadap peran Negeri Jiran dalam meyumbang kemajuan HAM internasional.

Sebagai anggota, Malaysia akan memperjuangan hak golongan rentan, termasuk anak, wanita, penduduk asli, dan usia lanjut. “Kami berupaya memberdayakan golongan muda, terutama dalam proses membuat keputusan di semua tingkatan,” tulisnya. 

Negara itu juga mengutamakan akses kepada lingkungan yang selamat, bersih, sehat, dan lestari. “Di tingkat internasional, kami akan terus membantah sekeras-kerasnya penindasan HAM, seperti terhadap rakyat Palestina dan Rohingya di Myanmar,” kata Kementerian Luar Negeri Malaysia.

Pada saat yang sama, Putrajaya juga akan bekerja sama dalam usaha pembangunan kembali Afghanistan. Sebagai informasi, Malaysia sebelumnya telah dua kali menjadi anggota Majelis HAM PBB, yaitu periode 2006 sampai 2009 dan 2010 hingga 2013.

Sikap Malaysia Terhadap Pemimpin Junta Myanmar

Malaysia mendorong Myanmar untuk menjalankan komitmennya dalam rencana perdamaian di negara tersebut. Tanpa itu, Negeri Jiran menolak kehadiran pemimpin junta Myanmar Min Aung Hlaing dalam pertemuan puncak Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) pada 26 sampai 28 Oktober mendatang.

Halaman:
Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...