Pemerintah Siapkan 6 Strategi Antisipasi Gelombang III Covid-19

Sorta Tobing
16 Oktober 2021, 18:10
Covid-19, virus corona
Muhammad Zaenuddin|Katadata
Tenaga medis memasukkan cairan vaksin Sinovac saat vaksinasi Covid-19 di SMKN 1 Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu, (29/9).

Pemerintah menyiapkan enam strategi untuk mengantisipasi gelombang ketiga Covid-19. Potensi ini diperkirakan akan terjadi pada akhir tahun. 

Dari pengalaman tahun lalu, mobilitias masyarakat meningkat ketika libur Natal dan tahun baru. Kondisi tersebut menyebabkan angka kasus dan kematian Akibat virus corona melonjak tajam. 

Advertisement

Karena itu pemerintah melakukan antisipasinya. ”Keberhasilan kita saat ini dalam menurunkan kasus Covid-19 tak boleh putus," kata Menteri Kominfo Johnny G. Plate, dalam keterangan resmi, Sabtu (16/10).

Strategi pertama adalah memastikan pelonggaran aktivitas diikuti pengendalian lapangan yang ketat. “Kita harus tetap waspada menerapkan protokol kesehatan dan membatasi mobilitas,” ucapnya.

Kedua, meningkatkan laju vaksinasi untuk kelompok lanjut usia, terutama di wilayah aglomerasi dan pusat pertumbuhan ekonomi. Langkah ini bertujuan untuk menekan angka kematian dan perawatan rumah sakit.

Ketiga, percepatan vaksinasi anak agar ketika musim libur Natal dan tahun baru imunitasnya sudah terbentuk. Keempat, menertibkan mobilitas pelaku perjalanan internasional dengan aturan protokol kesehatan yang ketat, terutama ke Bali. 

Langkah tersebut menyusul pembukaan penerbangan internasional di Bandara Ngurah Rai, Bali, pada 14 Oktober lalu. Kelima, memperkuat peran pemerintah daerah dalam mengawasi dan mengedukasi warga tentang rincian protokol kesehatan.

Halaman:
Reporter: Desy Setyowati, Antara

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement