Kronologi Kebakaran Tangki di Kilang Cilacap Pertamina

Image title
Oleh Antara
14 November 2021, 10:37
kilang cilacap, kebakaran, pertamina
ANTARA/Sumarwoto
Kobaran api dari kebakaran Tangki 36 T-102, Kilang Cilacap, Jawa Tengah, Minggu (14/11/2021) pagi.

PT Pertamina (Persero) menyatakan tangki yang terbakar di area Kilang Cilacap, Jawa Tengah, telah berhasil dilokalisasi. Insiden yang terjadi pada pukul 19.10 WIB kemarin, Sabtu (14/11), menimpa tangki 36 T-102.

“Tangki ini berisi produk Pertalite sebanyak 31 ribu kiloliter,” kata General Manager Kilang Cilacap Eko Sunarno dalam keterangannya hari ini. Produk bahan bakar minyak atau BBM yang tidak terbakar telah Pertamina alihkan ke tangki lain. 

Berdasarkan penuturan warga yang berada di sekitar lokasi kejadian, insiden kebakaran itu terjadi saat hujan lebat disertai petir. Beberapa menit kemudian, aliran listrik padam yang membuat kondisi menjadi gelap gulita.

Sebagian warga yang bermukim di sekitar kilang sempat mengungsi ketika kebakaran. Namun, dari pantauan Antara, sejumlah warga terlihat beraktivitas di rumah masing-masing yang jaraknya cukup dekat dengan lokasi kebakaran pada pagi tadi. 

Salah seorang warga, Komudi (59) mengatakan, kebakaran di Kilang Cilacap tersebut merupakan yang kedua kali pada 2021. Sebelumnya, kebakaran terjadi pada bulan Juni 2021.

Ketika itu warga tidak sampai mengungsi. Kobaran apinya relatif kecil dan lokasinya jauh dari permukiman penduduk. "Tapi yang tadi malam, benar-benar mengungsi," katanya.

Halaman:
Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...