Dalam Sepekan, Elon Musk Jual Saham Tesla Senilai Rp 98 Triliun

Sorta Tobing
14 November 2021, 16:22
Elon Musk, Tesla
Instagram/Elonrmuskk
Bos Tesla, Elon Musk.

Bos Tesla, Elon Musk, menjual sahamnya di perusahaan senilai US$ 6,9 miliar atau hampir Rp 98 triliun dalam sepekan terakhir. Aksi lego teranyar ia lakukan pada Jumat lalu sebesar 1,2 juta saham dengan harga US$ 1.030 per lembarnya. 

Penjualan ini hanya mengurangi sekitar 4% dari saham yang ia miliki secara langsung. CNN Money menuliskan, apabila memasukan semua opsi saham yang ia miliki maka pengurangannya hanya sekitar 3%. 

Advertisement

Langkah tersebut terjadi usai Musk memposting jajak pendapat pada akun Twitter-nya, @elonmusk. Ia menanyakan apakah harus menjual 10% kepemilikan sahamnya sebagai cara untuk meningkatkan kewajiban pajaknya. Sebanyak 58% responden menjawab ya.

Namun, banyak analis berpendapat motivasi Musk menjual saham Tesla bukan karena hasil jajak pendapat tersebut. Sebaliknya, ia akan menghadapi tagihan pajak yang menjulang karena berencana menggunakan 22,9 juta opsi saham sebelum Agustus 2022.  Nilainya mencapai US$ 10 miliar apabila memakai harga pasar saat ini.

Jika dia tidak menggunakannya, maka opsi saham itu akan kadaluwarsa dan Musk kehilangan hak membeli saham perusahaan seharga US$ 6,24 per lembarnya.  Apabila pria berusia 50 tahun itu menggunakan opsinya, maka ia harus membayar pajak federal sebesar 40,8%. 

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement