Bukan Baterai, Toyota Kembangkan Bahan Bakar HIjau Alternatif

Sorta Tobing
14 November 2021, 17:23
Toyota, mobil listrik, otomotif, energi baru terbarukan, energi alternatif
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Ilustrasi mobil listrik Toyota.

Toyota Motor Corp akan mengembangkan bahan bakar hijau alternatif untuk kendaraan bermotor. Perusahaan, bersama empat produsen mobil asal Jepang lainnya, berencana mengeksplorasi kelayakan bahan bakar hijau, termasuk hidrogen dan biomassa.

Keempat partnernya adalah Mazda Motor Corp, Subaru Corp. Yamaha Motor, dan Kawasaki Heavy Industries. Mereka mengumumkan rencana tersebut di trek balap Okayama, tempat Toyota menguji mobil hidrogennya.

Melansir dari Reuters, Sabtu (13/11), saat ini sulit mengubah mesin pembakaran internal menjadi berbahan bakar hijau. Namun, hal tersebut tidak mustahil. Toyota akan memakai rantai pasokan yang sudah tercipta selama beberapa dekade untuk mengembangkannya.

Perusahaan sebelumnya sudah mematok target menjadi netral karbon pada 2050. Sejalan dengan itu, Toyota akan menciptakan 15 model kendaraan listrik (EV) pada 2025 dan menginvestasikan US$ 13,5 miliar dananya untuk memperluas kapasitas produksi baterai. Pada saat yang sama, produsen mobil terbesar dunia itu akan mengembangkan kendaraan bertenaga hidrogen.

Langkah ini menggarisbawahi perusahaan dengan berbagai jenis kendaraan untuk melakukan dekarbonisasi. Toyota melakukan aksi berbeda dibandingkan raksasa otomotif lainnya, seperti General Motors Co, Jaguar Land Rover, dan Volvo Car AB. Ketiganya sepakat hanya akan menjual EV dalam dua dekade dari sekarang.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...