Pertamina Pastikan Stok BBM dan Elpiji Lancar Pasca-Erupsi Semeru

Pertamina telah melakukan skenario pengalihan pasokan BBM, dari Terminal Bahan Bakar Malang menjadi Terminal Terintegrasi Surabaya.
Image title
Oleh Antara
5 Desember 2021, 13:47
Pertamina, Gunung Semeru, erupsi, bbm, elpiji
Antara
Awan panas akibat erupsi Gunung Semeru, Jawa Timur, Sabtu (4/12).

PT Pertamina Parta Niaga menjamin stok bahan bakar minyak (BBM) dan elpiji tetap lancar pasca erupsi Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur. Terdapat 17 stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) dan 12 agen elpiji bersubsidi tetap beroperasi di daerah itu. 

Manajer Komunikasi Pertamina Patra Niaga wilayah Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara Deden Mochamad Idhani menyebut, lembaga penyalur terdekat yang berada di wilayah terdampak adalah SPBU 54.673.10 di Kecamatan Pronojiwo. Lokasinya sekitar 14 kilometer dari puncak Gunung Semeru.

Akibat Jembatan Gladak Perak terputus, Pertamina telah melakukan skenario pengalihan pasokan. Dari mulanya melalui Terminal Bahan Bakar Malang menjadi Terminal Terintegrasi Surabaya.

Untuk lokasi Pertashop terdekat berada di desa Sumberurip, Sumberwuluh, Penanggal, dan Kloposawit. Semuanya tetap beroperasi meski dengan skenario pengalihan pasokan.

Advertisement

Untuk penyaluran elpiji di Kecamatan Pronojiwo dan Tempursari terpantau aman. “Namun, akan ada pengalihan suplai dari stasiun pengisian dan pengangkutan bulk elpiji (SPPBE) di Lumajang ke Malang dengan penyaluran 40 ribu tabung per bulan,” ujar Deden dalam keterangannya, Minggu (5/12). 

Pertamina Patra Niaga terus berkoordinasi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan kepolisian untuk kelancaran operasi di lapangan. “Masyarakat tidak perlu panik karena kami berkomitmen untuk mendistribusikan energi hingga ke seluruh wilayah," katanya.

Korban Jiwa Erupsi Semeru

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melaporkan korban meninggal dunia akibat erupsi Gunung Semeru mencapai 13 orang pada Minggu pagi (5/12). Namun baru dua yang diidentifikasi.

“Penyebab dan kronologi masih menunggu data detail dari lapangan. Tetapi untuk total jumlah 13,” kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaa BNPB Abdul Muhari.

Kedua korban yang sudah teridentifikasi berasal dari Curah Kobokan dan Kubuan, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

Lalu, ada sekitar delapan hingga 10 orang yang terjebak di kantor pemilik tambang di Desa Sumberwuluh. Mereka sudah dievakuasi. “Memang masih ada laporan kehilangan. Kami masih melakukan operasi pencarian dan penyelamatan,” kata dia.

Editor: Sorta Tobing
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait