Google I/O 2020 dan Acara Teknologi Ini Juga Batal Karena Virus Corona

Google I/O 2020 batal diselenggarakan, begitu pula dengan acara teknologi lainnya, termasuk Facebook F8 Developer Conference.
Image title
5 Maret 2020, 17:08
event tahunan google batal, google i/o 2020, acara teknologi batal, virus corona
Arief Kamaludin (Katadata)
Google membatalkan acara tahunan terbesarnya, I/O 2020, karena khawatir dengan wabah virus corona.

Khawatir dengan wabah virus corona, raksasa teknologi Google membatalkan acara tahunan terbesarnya, yaitu I/O 2020. Acara yang berisi konferensi pengembangan perangkat lunak itu rencananya digelar di Mountain View, California, Amerika Serikat, pada 12 sampai 14 Mei 2020.

“Selama beberapa minggu mendatang kami akan mencari cara lain untuk mengembangkan Google I/O agar tetap terhubung dengan komunitas pengembang kami,” demikian pernyataan tertulis Google, seperti dikutip dari Tempo.co, Rabu (4/3).

Semua peserta yang membeli tiket akan mendapatkan uangnya kembali pada 13 Maret 2020. Harga tiketnya untuk peserta akademik US$ 375 per orang (sekitar Rp 5,3 juta) dan peserta umum US$ 1.150 per orang (Rp 16,3 juta).

Google juga telah membatalkan Google Cloud Next yang seharusnya digelar pada 6 sampai 8 April nanti di San Francisco, AS karena alasan serupa. Perusahaan berencana menyelenggarakan acara tersebut secara daring atau online.

Advertisement

(Baca: Akibat Corona, Pertemuan IMF-Bank Dunia 2020 Digelar Secara Virtual)

Tak hanya Google, banyak acara teknologi lainnya pun dibatalkan karena kekhawatiran virus corona. Berikut daftarnya:

1. Mobile World Congress 2020

Acara pameran teknologi dan telekomunikasi tahunan di Barcelona, Spanyol, ini terpaksa batal. Penyelenggara acara, mengutip dari Liputan6.com, menelan kerugian Rp 7,3 triliun.

Seharusnya ajang bergengsi ini digelar pada 24-27 Februari 2020. Namun, satu per satu peserta pameran mengundurkan diri, seperti LG, Nokia, ZTE, Intel, Sony, Vodafone, Facebook, dan Ericsson, hingga akhirnya panitia memutuskan membatalkannya.

(Baca: Bukalapak hingga Tokopedia Respons Marak Penjualan Masker Bekas)

2. Facebook F8 Developer Conference

Industri game atau gim pun terkena imbas virus corona. Salah satu konferensi utama industri ini, Facebook F8, terpaksa dibatalkan. Padahal, sebanyak lima ribu partisipan sudah mendaftar untuk menghadiri acara yang berlangsung pada 5 sampai 6 Mei 2020 di California, AS.

“Ini adalah keputusan sulit. F8 adalah acara penting bagi Facebook dan salah satu acara favorit kami,” kata Direktur Layanan dan Program Pengembang Facebook Konstatinos Papamiltiadis, seperti dikutip dari CNNIndonesia.com.

(Baca: Corona Mewabah, GoPay: Transaksi Layanan Kesehatan Berpeluang Naik)

3. Game Developers Conference

Acara tahunan para pembuat gim di San Francisco, AS, ini juga batal karena virus corona. Awalnya Facebook dan Sony mengumumkan tidak jadi hadir dalam pameran itu. Lalu, pengembang lainnya pun menyusul.

Panitia lalu memutuskan membatalkan acara ini, tanpa menyebut penyebabnya karena wabah tersebut. “Meski sulit, kami memutskan menunda Game Developers Conference yang seharusnya digelar pada MAret ini,” demikian pernyataan tertulis GDC dalam situs resminya. 

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait