Twitter Indonesia Catat Durasi Pengunanya Naik 50% Selama Ramadan

Layanan Twitter yang tumbuh paling kuat selama Ramadan adalah video.
Image title
22 April 2019, 14:57
Twitter, Ramadan, puasa, mudik, lebaran
YouTube
Country Industry Head Twitter Indonesia and Malaysia Dwi Ardiansyah mengatakan, bulan puasa adalah waktu yang paling aktif bagi pengguna platform-nya di Indonesia. Pada 2018, durasi penggunaannya meningkat sebesar 50% selama Ramadan year on year (YoY).

Twitter Indonesia mencatat pada tahun 2018 durasi penggunaan platform-nya meningkat sebesar 50% selama Ramadan year on year (YoY). Layanan yang tumbuh paling kuat adalah video.

Country Industry Head Twitter Indonesia and Malaysia Dwi Ardiansyah mengatakan, bulan puasa adalah waktu yang paling aktif bagi pengguna platform-nya di Indonesia. Ia mengatakan, mayoritas penggunanya menggunakan Twitter untuk mencari informasi mengenai bidang yang diminati sebesar 32% dan mendapatkan berita terbaru sebesar 26%.

“Twitter menjadi salah satu platfrom untuk menemani penggunanya selama menjalankan ibadah puasa,” ujar Dwi saat ditemui di kantornya, Senin (22/4).  

Data Crimson Hexagon pada tahun 2018, secara global terdapat 133 juta cuitan terkait Ramadan di Twitter. Dari angka itu, 20% berasal dari Indonesia. Menurut Dwi, peningkatan percakapan mulai meningkat pada hari pertama puasa hingga Idul Fitri.

(Baca: Sempat Turun, Sentimen Positif Prabowo di Twitter Unggul Usai Debat)

Twitter mencatat, layanan video naik tajam. Untuk live video minutes watched melonjak 428% dan layanan video minutes watched 88%. Sementara, peningkatan jumlah cuitan hanya sebesar 30%. Berdasarkan riset Google Barometer tahun 2018, sebanyak 80% anak muda di Indonesia mengonsumsi video.

Dwi menjelaskan, topik percakapan di awal bulan Ramadan umumnya berkisar tentang keluarga, puasa, dan kegiatan ibadah. Namun, menjelang akhir bulan, percakapan berubah menjadi seputar mudik dan perayaan Hari Raya Idul Fitri.

Menurut data Crimson Hexagon pada tahun 2018, volume cuitan di Twitter di Indonesia mulai meningkat pada waktu sahur atau sebelum matahari terbit pukul 04.00 WIB. Jumlah kicauan mencapai puncaknya setelah berbuka puasa, yakni antara pukul 19.00 hingga 22.00 WIB.

(Baca: Jelang Debat Pilpres, Sentimen Positif Twitter Jokowi Ungguli Prabowo)

Twitter Indonesia mencatat terdapat tiga topik utama dalam pembicaraan selama Ramadan, yakni mengenai #Mudik, #Makanan, dan #Belanja. “Pengguna ingin mendapatkan beberapa informasi khususnya soal tiket mudik, rute perjalanan mudik, hingga tips mudik atau traveling,” ujarnya.

Secara keseluruhan, jumlah pengguna Twitter di Indonesia tahun 2018 pada kuartal keempat tumbuh sebesar 41% dari jumlah pengguna secara global. Jumlah ini tumbuh 8% dibanding pertumbuhan di kuartal sebelumnya. Sedangkan, jumlah pengguna Twitter secara global pada 2018 di kuartal keempat tumbuh sebesar 9% dari kuartal sebelumnya.

Twitter Indonesia enggan menyebutkan angka penggunanya tersebut. Hanya, berdasarkan data dari Statista, pengguna Twitter secara global pada tahun 2018 mencapai 262,7 juta pengguna dan diperkirakan jumlahnya naik menjadi 275 juta pengguna pada 2020.

(Baca: Ramadan-Lebaran, Pengusaha Makanan Minuman Bidik Pertumbuhan Omzet 30%)

 

 

Reporter: Cindy Mutia Annur
Editor: Sorta Tobing

Video Pilihan

Artikel Terkait