Linimasa Twitter Banjir Tagar Prabowo "Halu" dan Hilangnya Sandiaga

Tagar #NicholasSaputra juga ramai diperbincangkan warganet di Twitter usai Pemilu 2019.
Cindy Mutia Annur
18 April 2019, 12:18
tagar terpopuler Pemilu 2019, Twitter, Nicholas Saputra, Sandiaga Uno, Jokowi, Prabowo, menang hitung cepat, quick count
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Sandiaga Uno selaku paslon cawapres nomor dua berada di media center BPN Prabowo dan Sandiaga Uno di Kartanegara, Jakarta Rabu (17/4/2019).

Linimasa Twitter banjir tanda pagar alias tagar soal Pemilu 2019. Terdapat tiga tagar terpopuler yang masih menjadi perbincangan hangat netizen sampai pagi ini, Kamis (18/4). Ketiganya adalah #MisteriHilangnyaSandiagaUno #UdahanDong dan #PrabowoHalu. 

Pada tagar #MisteriHilangnyaSandiagaUno terdapat sekitar tujuh ribu cuitan pada pukul 10.25 WIB. Netizen mengungkapkan rasa penasarannya karena calon wakil presiden nomor urut 02, Sandiaga Uno, tak terlihat hadir mendampingi pasangannya, Prabowo Subianto, pada saat deklarasi kemenangan kemarin.

Beberapa cuitan maupun meme yang diunggah netizen pun kerap menanyakan di mana keberadaan Sandiaga. "Bu Lis di Sragen, Pak Subkhan di Brebes, Bu Mia di Tegal, apakah kalian tahu di mana Pak @sandiuno sekarang ini? #MisteriHilangnyaSandiagaUno," ujar akun @adjieavatara.

(Baca: Prabowo Sujud Syukur Klaim Kemenangan Hitungan Sendiri 62%)

Advertisement

Sementara, pada tagar #PrabowoHalu terdapat sekitar 11 ribu cuitan pada jam yang sama. Topik yang dibahas oleh netizen tak jauh berbeda dengan tagar sebelumnya, yakni mengenai Prabowo yang mengklaim perhitungan suara di kelompoknya mencapai angka 62%. Prabowo mengatakan, perhitungan tersebut sudah menjangkau 320 ribu dari 813.350 Tempat Pemungutan Suara (TPS) secara nasional.

Halu merupakan bahasa generasi milenial yang berarti orang yang berhalusinasi alias berkhayal. Netizen menyebut Prabowo berkhayal atas kemenangan yang diklaimnya tersebut. Padahal hasil hitung cepat berbagai lembaga survei menyebutkan pasangan nomor urut 01, Joko Widodo dan Ma’ruf Amin, yang memenangkan Pilpres 2019.

"Tidak terbayang Indonesia sampai pada titik ini, orang melempar fitnah berjamaah, menciptakan kebohongan berjamaah. Sekarang, memproduksi halu berjamaah #PrabowoHalu," ujar akun @lilikHS.

(Baca: Tertinggal Quick Count, Pendukung Prabowo Buka Peluang Turun ke Jalan)

Kemudian pada tagar #UdahanDong terdapat sekitar lima ribu cuitan di jam yang sama. Tagar ini merupakan ungkapan rasa lelah netizen mengenai banyaknya rumor yang beredar di Pemilu 2019 kali ini. Seperti Prabowo yang mengklaim atas kemenangannya sendiri, update dari lembaga survei hitung cepat (Quick Count) yang beragam, hingga lawakan seputar politik terkait Pemilu, dan sebagainya.

"Pas buka sosmed (sosial media) isinya pada ngeributin Quick Count dan menjelekkan antar kubu #UdahanDong," ujar akun @widawhys.

Lima Tagar Pemilu 2019 Terpopuler Lainnya

Kemarin malam atau usai pencoblosan dan hasil hitung cepat, terdapat lima tagar di Twitter yang terpopuler di Indonesia. Pertama, #JokoWinElection dengan 230 ribu cuitan. Netizen mengungkapkan rasa optimistis terhadap kemenangan Presiden Joko Widodo di Pemilu 2019 ini. Hari ini, sekitar pukul 06.15 WIB, tagar tersebut mencapai 770 ribu cuitan.

Kedua, #kawalkotaksuara dengan 41 ribu cuitan pada Rabu malam, sementara pada Kamis pagi terdapat 124 ribu cuitan. Netizen di Twitter pun ramai membahas hasil perhitungan suara Komisi Pemilihan Umum (KPU) di situsnya. Beberapa netizen mengunggah tangkapan layar (screen shot) hasil perhitungan suara tersebut lantaran ingin mengawal perhitungan kotak suara dari internet maupun televisi.

Ketiga, #NicholasSaputra dengan 32 ribu cuitan pada Rabu malam dan 140 ribu cuitan pada Kamis pagi. Aktor Indonesia itu ramai diperbincangkan karena ia mengunggah swafoto pertamanya di Instagram dengan memamerkan jari kelingkingnya dengan tinta berwarna ungu.

(Baca: Hasil Hitung Cepat Memenangkan Jokowi, IHSG Meroket ke Level 6.636,36)

Dalam unggahannya, Nicholas mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada para pengikutnya di Instagram karena sudah berpartisipasi dalam Pemilu 2019. “Tetap damai dan selamat merayakan demokrasi!,” ujar Nicholas dalam keterangan fotonya.

Namun, dalam keterangan foto tersebut ia mengatakan akan menghapus unggahan fotonya tersebut dalam waktu 24 jam. Meski demikian, para netizen menyatakan kegembiraannya di Twitter lantaran aktor tersebut terbilang jarang mengunggah swafoto di akun Instagramnya.

Keempat#JanganPercayaLembagaSurveiTV dengan 13 ribu cuitan pada Rabu malam dan 110 ribu cuitan pada Kamis pagi. Adapun, netizen mengungkapkan kekecewaanya terhadap lembaga survei di televisi lantaran dianggap curang dalam menyampaikan hasil hitung cepatnya.

(Baca: Sandiaga Kalah Hasil Quick Count, Harga Saham Saratoga Anjlok 10%)

Mayoritas netizen tersebut merupakan pendukung pasangan calon presiden dan wakil presiden pasangan nomor urut 02, yakni Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno. Mereka sepakat untuk tidak menonton televisi karena menganggap ada kecurangan yang dilakukan media televisi mengenai perhitungan suara Pilpres 2019.

Terakhir#IniCurang dengan 11 ribu cuitan pada Rabu malam dan 110 ribu cuitan pada Kamis pagi. Mayoritas pendukung pasangan 02 tidak menerima hasil hitung cepat dan mengungkapkan rasa kecewanya karena banyak indikasi kecurangan pada Pemilu tahun ini.

 

Reporter: Cindy Mutia Annur
Editor: Sorta Tobing
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait