WhatsApp dan Zoom Bersaing, Ini 5 Aplikasi Terbaik Untuk Rapat Online

Lima aplikasi ini bisa menjadi alternatif pengganti WhatsApp dan Zoom untuk rapat online, konferensi video, dan video call di tengah pandemi corona.
Image title
Oleh Sorta Tobing
13 Mei 2020, 18:08
pengembangan fitur baru whatsapp, fitur baru whatsapp video call 50 orang, whatsapp saingi zoom, whatsapp video call 50 orang, cara video call whatsapp melalui messenger room
ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya/nz
Seorang mahasiswa jurusan Ilmu Jurnalistik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya Universitas Pakuan, Sandika Fadilah mengikuti ujian skripsi secara daring menggunakan aplikasi Zoom di Cibinong, Bogor, Jawa Barat , Kamis (30/4/2020).

WhatsApp semakin dekat untuk menyaingi Zoom. Jumlah peserta obrolan lewat video atau video call melalui WhatsApp dikabarkan bakal bertambah dari delapan menjadi 50 orang.

Situs TechRadar melaporkan kabar ini dua hari lalu, Senin (11/5). Dalam laporannya, versi beta dari WhatsApp Web bakal memiliki menu Facebook Messenger Room yang baru saja dirilis. Pengguna dapat membuat ruangan dan mengundang banyak orang bergabung untuk video call.

Belum jelas kapan opsi ini akan tersedia di seluruh WhatsApp. Sebelumnya, pada akhir April lalu perusahaan yang menginduk ke Facebook ini juga menambah jumlah peserta obrolan lewat video dari empat menjadi delapan orang.

Sambil menunggu kehadirannya, pengguna dapat mencoba Messenger Room. Kabarnya, aplikasi konferensi video ini sudah siap bersaing dengan Zoom dan Skype. Jumlah peserta yang dapat ikut dalam satu ruangan maksimum 50 orang.

(Baca: Saingi Zoom, WhatsApp Tambah Lagi Peserta Rapat Online Jadi 50 Orang)

Anda bisa bergabung dengan konferensi video di Messenger tanpa perlu mengunduh apapun. Facebook juga berencana membuat opsi agar pengguna dapat membuat ruang pertemuan atau room dari Instagram Direct dan WhatsApp. Di dalamnya yang tersedia fitur 14 filter kamera dan latar belakang yang bisa diubah-ubah.

Mengutip dari CNet.com, berikut cara menggunakan Messenger Room:

  1. Buka aplikasi Messenger.
  2. Tekan tombol “People” yang berada di bagian tengah sebelah kanan layar gawai.
  3. Tekan “Create a Room” dan pilih orang-orang yang ingin Anda ajak bergabung dalam konferensi video.
  4. Untuk mengirimkan undangan ke orang yang tidak memiliki akun Facebook, Anda bisa memberikan link ruangan tersebut. Anda juga bisa membagi room konferensi video di News Feed, Groups, dan Events.

(Baca: Zoom, Google hingga Microsoft Kumpulkan Data Pengguna, Langgar Aturan?)

zoom
Ilustrasi. Pengguna Zoom melonjak di tengah pandemi corona. (Zoom)

Lima Aplikasi Rapat Online Terbaik Pengganti Zoom

Selama pandemi corona, pengguna Zoom melonjak. The Verge menulis dalam sehari penggunanya mencapai lebih dari 300 juta. Angka yang signifikan ketimbang pada Desember lalu yang hanya 10 juta pengguna.

Zoom mengatakan, angka harian itu bisa saja orang yang sama tapi mengikuti banyak pertemuan atau rapat melalui aplikasi tersebut. Namun, perusahaan berkeyakinan lebih dari 300 juta orang telah memakai aplikasinya selama pandemi Covid-19.

Namun, banyak pengguna yang meragukan keamanan Zoom. Banyak kasus Zoom-bombing atau orang asing ikut dalam rapat online terjadi. Masalah ini masih diselesaikan oleh perusahaan.

(Baca: Marak Zoomboombing, Zoom Akuisisi Perusahaan Keamanan Data)

Sebenarnya banyak aplikasi lain yang memiliki fungsi sama dengan Zoom tapi dengan keamanan dan fitur yang lebih mumpuni. TechRadar mengurutkan aplikasi terbaik konferensi video di 2020. Berikut lima yang paling atas:

1. ClickMeeting

Aplikasi ini memiliki banyak fitur untuk host webinar. Perangkat lunaknya menyediakan semua alat yang Anda inginkan selama presentasi. Anda dapat membagikan layar, memutar tayangan slide dan video, bahkan membiarkan peserta mengambil alih kursor Anda untuk menjelajahi tampilan.

ClickMeeting juga mendukung sesi tanya-jawab dan jajak pendapat langsung. Anda dapat mengumpulkan data berharga dari peserta. Yang menarik juga, aplikasi ini berbasis data, sehingga perangkat lunaknya terintegrasi dengan alat analisis dan pemasaran.

(Baca: Daftar Aplikasi Terbaru Facebook, Internet Gratis hingga Data Corona)

2. Microsoft Teams

Dalam satu aplikasi, Microsoft Teams memungkinkan pengguna membuat webinar hingga 10 ribu peseta. Panggilan dapat dengan mudah dijadwalkan. Tamu eksternal dapat bergabung dari situs tanpa mengunduh aplikasi.

Aplikasi ini juga menyediakan fitur berbagi layar, perekaman panggilan, teks langsung, teknologi blur latar belakang, dan chat. Integrasi dengan Microsoft 365 membuat platform ini memimpin pasar dalam konferensi video dan integrase ruang kerja digital.

Penggunaan Video Conference Meningkat di Tengah Pandemi Corona
Penggunaan konferensi video meningkat di tengah pandemi corona. (ANTARA)

3. GoTo Meeting

Inilah layanan webinar dan konferensi video mandiri yang disediakan oleh LogMein. Fitur di dalamnya juga ada berbagi layar, audio, dan video.

Tapi fitur unggulannya adalah aplikasi ini sangat ramah dengan ponsel. Anda dapat mengatur dan memulai konferensi dari telepon seluler cerdas Anda. Hal ini yang belum dapat dilakukan oleh perangkat lunak bermerek besar.

(Baca: DPR Ungkap Dua Penghambat Pembahasan RUU Perlindungan Data Pribadi)

Semua fitus tandar itu tersedia dengan biaya berlangganan US$ 14 per bulan atau US$ 12 per bulan dengan pembayaran tahunan. Jumlah peserta yang bisa ikut rapat dari aplikasi ini adalah 150 orang.

4. Google Meet

Nama sebelumnya adalah Google Hangouts Meet. Aplikasi ini dikembangkan khusus untuk kebutuhan bisnis dan dapat melayani sejumlah besar pengguna sekaligus.

Keuntungan utamanya adalah Anda dapat dengan mudah menggunakan data dari aplikasi lain. Google Meet juga dapat bekerja denan perangkat keras konferensi yang ada.

(Baca: Saingi Zoom, Telkomsel Perkuat Keamanan Platform Rapat Online CloudX)

5. CyberLink U Meeting

U Meeting sepenuhnya berbasis web. Anda tidak perlu mengunduh pernagkat luank tambahan untuk menggunakanya. Pengembang aplikasi ini adalah CyberLink, sebuah perusahaan perangkat lunka multimedia dari Taiwan.

Untuk 25 peserta dan 30 menit pertemuan, U Meeting menyediakan paket dasar gratis. Untuk Pro 50 harganya adalah US$ 29,99 per host per bulan. Paket ini mencakup 50 peserta, 24 jam per pertemuan, fitur untuk host, dan PerfectCam. Fitur yang terakhir ini membuat wajah pengguna terlihat lebih profesional.

Editor: Sorta Tobing

Video Pilihan

Artikel Terkait