Cara Menjadi Shopee Seller Yang Sukses

Ramainya pengunjung Shopee, membuat banyak orang ingin menjadi Shopee seller. Berikut ini caranya.
Image title
24 Juni 2021, 15:13
Ilustrasi Shopee Seller
Shopee
Ilustrasi Shopee Seller

Aktivitas belanja saat ini sudah banyak beralih ke sistem daring atau online. Platform belanja online juga tumbuh subur beberapa tahun terakhir.

Salah satu aplikasi belanja online yang banyak dikunjungi adalah Shopee. Pada kuartal III tahun 2020, e-commerce ini memiliki pengunjung terbesar bahkan mencapai 96.5 juta.

Banyaknya pengunjung Shopee, membuat banyak orang ingin menjadi Shopee seller atau berjualan di aplikasi tersebut. Untuk menjadi penjual di marketplace ini berikut caranya.

Cara Berjualan di Shopee

Ada beberapa cara menjadi Shopee seller dengan mudah.

Advertisement

1. Membuat Akun 

Untuk menjadi seller, Anda terlebih dahulu harus miliki akun Shopee. Caranya, dengan membuka aplikasi Shopee. Pastikan memiliki alamat email dan nomor telepon selular yang aktif untuk digunakan dalam proses pembuatan akun.

Isilah email dan nomor ponsel dengan benar, kemudian tunggu pesan singkat atau SMS yang berisikan kode one-time password atau OTP. Masukkan kode tersebut, dan selesaikan proses pendaftaran.

2. Buka Toko

Langkah selanjutnya, buka toko Anda. Caranya, kunjungi situs Shopee dan pilih menu "Jual" di sudut kiri atas. Isikan profil, nama deskripsi, dan banner toko. 

Setelah itu, Anda dapat mengatur alamat toko dan pilih jasa pengiriman yang akan digunakan selama menjadi penjual Shopee. Jika semua profil sudah lengkap, maka kini Anda sudah menjadi Shopee seller.

3. Unggah Produk

Unggah produk yang akan dijual. Anda dapat mengunggah foto produk yang menarik agar pembeli tertarik. Pastikan foto produk tersebut orisinal sehingga pembeli percaya dengan kualitasnya.

Isi informasi seputar produk tersebut selengkap mungkin. Mulai dari nama produk, deskripsi, ukuran, jenis, merek, warna, dan hal-hal lainnya yang membantu konsumen. Setelah terunggah, Shopee akan otomatis memeriksa produk dalam satu hari kerja.

4. Promosi Produk

Cara menjadi Shopee seller berikutnya adalah  melakukan promosi. Tanpa promosi, produk Anda sulit  dikenal oleh calon pembeli. Shopee telah memberikan kesempatan kepada para seller untuk mempromosikan produknya setiap empat jam sekali.

Lagkah lainnya untuk mempromosikan produk jualan adalah dengan membagikan link produk di media sosial. Misalnya, WhatsApp, Instagram, Facebook, dan lainnya.

Strategi Berjualan di Shopee

Setelah mengetahui cara menjadi Shopee seller, yang tak kalah penting adalah menentukan strategi untuk berjualan. Di bawah ini langkah-langkahnya:

1. Mengaktifkan Fitur Gratis Biaya Kirim

Aktifkan fitur gratis biaya kirim atau ongkir untuk menarik konsumen. Terdapat beberapa fitur tersedia, mulai dari gratis ongkir minimal belanja Rp 30ribu, Rp 90 ribu, dan Rp 200 ribu.. 

Untuk mengaktifkan fitur ini dapat dilakukan dengan cara mengirimkan foto KTP dan selfie memegang kartu tanda penduduk tersebut. 

2. Memperbanyak Produk

Strategi berikutnya adalah dengan memperbanyak produk yang Anda jual. Semakin banyak produk,  toko Anda akan ramai dikunjungi konsumen. Pilihan produk yang beragam, membuat pembeli lebih mudah menemukan barang yang mereka butuhkan.

3. Mengikuti Program Khusus Dari Shopee

Shopee sudah sering memberikan program khusus untuk para seller. Beberapa programnya adalah flash sale, dikson besar-besaran, star seller, dan lainnya.

Anda bisa mengikuti program yang paling sesuai dengan produk yang dijual. Flash sale biasanya menjadi program yang paling sering dipilih karena terbukti banyak menarik pembeli.

Demikian beberapa cara dan strategi untuk menjadi Shopee seller yang sukses. Yang tak kalah penting untuk menjadi penjual sukses adalah konsisten untuk memberikan pelayanan terbaik.

Para penjual perlu  menjaga kualitas produk sampai menjaga hubungan baik dengan pembeli. Caranya, dengan merespon chat atau komentar dari para pembeli. Dengan demikian, performa toko Anda akan terus meningkat dan  berkesempatan untuk menjadi star seller di Shopee.

Editor: Sorta Tobing
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait