Bisnis Hijau jadi Alasan Honda Meninggalkan Formula 1

Sorta Tobing
5 Oktober 2020, 11:52
honda, f1, emisi karbon, perubahan iklim
ANTARA FOTO/REUTERS/Maxim Shemetov
Ilustrasi F1. Honda tak lagi berparitisipasi pada ajang balap mobil Kejuaraan Dunia Formula Satu FIA usai akhir musim 2021.

Honda akan mengakhiri partisipasinya dalam Kejuaraan Dunia Formula Satu FIA pada akhir musim 2021. Perusahaan otomotif asal Jepang itu akan fokus pada teknologi kendaraan tanpa emisi.

Keputusan itu dibuat pada akhir September lalu. “Ini bukan akibat pandemi Covid-19 tapi untuk tujuan bebas emisi karbon jangka panjang kami,” kata Kepala Eksekutif Honda Takahiro Hachigo dalam konferensi pers, dikutip dari Reuters, Jumat (2/10).

Advertisement

Pabrikan mobil dunia sedang berlomba-lomba menuju bisnis hijau, yaitu menciptakan kendaraan ramah lingkungan. Hachigo menggambarkannya sebagai perubahan industri yang terjadi sekali dalam satu abad. Perlombaannya berlangsung semakin cepat di tengah pandemi corona.

Honda sebenarnya baru kembali ke F1 pada 2015 untuk memasok mesin ke tim Red Bull Racing. Namun, perusahaan kini ingin mengalihkan sumber dayanya untuk mempercepat pengembangan teknologi bahan bakar sel atau baterai. “Kami memahami dan menghormati alasan di balik keputusan Honda,” kata Kepala Tim Red Bull Christian Horner dalam pernyataan tertulisnya.

Bulan ini perusahaan berencana meluncurkan mobil bertenaga baterai. Peluncurannya sejalan dengan target Honda memproduksi kendaraan bertenaga energi baru pada 2030.

Kompetitornya, Toyota Motor Corp, pada pekan lalu mengumumkan target penjualanan tahunan kendaraan listriknya akan mencapai 5,5 juta unit pada 2025. Target ini lebih awal lima tahun dari rencana semula.

Komitmen F1 Terhadap Isu Perubahan Iklim

Keputusan Honda meninggalkan F1 menimbulkan pertanyaan lebih besar tentang keterlibatan pabrikan mobil besar dalam perlombaan bergengsi tersebut. Ferrari, Mercedes, dan Renault, melansir dari ESPN, bahkan berkomitmen pada olahraga ini hingga 2025 di bawah Perjanjian Concorde.

Berbeda dengan pabrikan lain yang memakai F1 sebagai pemasaran, Honda selalu mendekati olahraga ini sebagai platform riset dan pengembangan (R&D). Perusahaan mengklaim keterlibatan dalam perlombaan itu  telah membantu pengembangan teknologi hibrida dan baterai dalam beberapa tahun terakhir.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement