Inflasi 5 Provinsi Masih Tinggi, Darmin Minta Pemda Lebih Inovatif

Lima provinsi dengan inflasi tertinggi pada 2018 adalah Kalimantan Utara, Kalimantan Tengah, Sulawesi Tengah, Papua, dan Papua Barat.
Agatha Olivia Victoria
25 Juli 2019, 17:11
inflasi, darmin nasution
Arief Kamaludin|KATADATA
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution menegaskan agar pemerintah daerah bisa semakin inovatif dalam upaya pengendalian inflasi.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution menegaskan agar pemerintah daerah bisa semakin inovatif dalam upaya pengendalian inflasi. Hal ini karena masih terdapat lima provinsi dan delapan kabupaten/kota yang memiliki tingkat inflasi di atas target pemerintah pada 2018.

Tahun lalu, target inflasi mencapai 3,5% plus-minus 1%. "Pemerintah daerah diharapkan melakukan berbagai inovasi untuk mengendalikan tingginya inflasi itu," katanya dalam Rakornas Pengendalian Inflasi di Hotel Grand Sahid, Jakarta, Kamis (25/7).

Lima provinsi yang memiliki tingkat inflasi tertinggi di Indonesia pada 2018, yaitu Kalimantan Utara 5% secara tahunan (year on year/yoy), Kalimantan Tengah 4,52%, Sulawesi Tengah 6,46%, Papua 5,42%, dan Papua Barat 5,21%.

Sedangkan delapan kabupaten/kota tersebut adalah Watampone 4,69%, Sorong 4,95%, Tarakan 5%, Merauke 5,42%, Sampit 6,02%, Manokwari 6,02%, Palu 6,46%, dan Jayapura 6,70%.

Darmin mengungkapkan, ada beberapa arahan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) agar di tahun ini pemerintah daerah bisa melakukan sinergi baik antardaerah maupun dengan pemerintah pusat demi menekan laju inflasi.

(Baca: BI Paparkan Tiga Strategi Pengendalian Inflasi Tahun Ini)

Pertama, seluruh kepala daerah dan pimpinan kementerian/lembaga diminta memperhatikan pertumbuhan dan indikasi tekanan inflasi. "Selain itu presiden juga mengarahkan pemerintah membuat kebijakan yang mempermudah dan membuka investasi yang berorientasi ekspor," katanya.

Kedua, kepala daerah harus memperhatikan pengendalian inflasi dari sisi pasokan pangan, distribusi, dan infrastruktur. Lalu, aparat penegak hukum diharapkan turut andil dalam menjaga pasar yang sehat. Dan keempat adalah adanya komunikasi antar daerah demi mendorong perdagangan.

Selain itu, Darmin mengharapkan pemerintah daerah semakin berperan aktif mengoptimalkan pemanfaatan infrastruktur yang telah dibangun dengan inovasi yang baru. Inovasi bisa dilakukan dengan cara menyambungkan jalan provinsi, kabupaten, dan kota dengan jalan tol sehingga ada peningkatan konektivitas.

Selanjutnya inovasi lain yang diusulkan Darmin adalah penyediaan alat transportasi, pemanfaatan platform e-commerce dan juga sistem pergudangan berbasis Informasi dan Teknologi (IT).

Ia menambahkan, upaya pemerintah dalam mengendalikan inflasi saat ini memang difokuskan pada ketersediaan pasokan dan kelancaran distribusi. "Itu merupakan upaya-upaya penting yang akan mampu mendukung kelancaran dan efisiensi distribusi serta ketersediaan pasokan," kata dia.

(Baca: Jusuf Kalla: Indonesia Masih Butuh Inflasi)

Reporter: Agatha Olivia Victoria
Editor: Sorta Tobing
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait