Sorta Tobing
1 Agustus 2022, 08:15

Video: Intip The Line, Kota Masa Depan Futuristik ala Arab Saudi

Arab Saudi memiliki rencana ambisius, yaitu membangun kota pintar bernama The Line. Lokasinya di sebuah daerah tandus dan dikelilingi padang pasir. Putra Mahkota Mohammed bin Salman disebut sebagai otak di balik konsep tersebut dan bagian dari Visi 2030 Arab Saudi. 

The Line berbentuk dinding panjang yang membentang sepanjang 170 kilometer, dari Laut Merah sebelah barat hingga ke kawasan pengunungan di timur. Tingginya 500 meter dengan lebar 200 meter.

Di bagian luarnya akan dilapisi kaca sehingga tampak berkamuflase dengan padang pasir di sekelilingnya. Sedangkan di dalamnya akan berisi rumah, kantor, sekolah, dan ruang publik. Dari luar, bangunan ini  terlihat menyaru dengan pemandangan padang pasir. 

Tinggi tembok kota itu 500 meter dengan lebar 200 meter. Biaya untuk proyek ambisius ini disebut mencapai US$ 1 triliun atau sekitar Rp 15 kuadriliun. Seperti apa kecanggihannya? Simak dalam video berikut ini.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.