Sorta Tobing
5 Agustus 2022, 13:37

Video: BPS Catat Ekonomi RI Tumbuh 5,44%, Ini Faktor Pendorongnya

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal kedua 2022 tumbuh 5,44%. Angka ini lebih tinggi dari kuartal sebelumnya yang mencapai 5,01%. 

Kinerja perekonomian pada April-Juni terlihat positif di tengah perlambatan ekonomi dan resesi di banyak negara. Ekonomi terbesar dunia, Amerika Serikat jatuh ke jurang resesi setelah terkontraksi 0,9% pada kuartal kedua tahun ini. Lalu, Cina yang biasanya tumbuh lebih tinggi daripada RI, pada periode yang sama hanya 0,4%.

Kepala BPS Margo Yuwono mengatakan, Indonesia mendapatkan berkah atau windfall dari kenaikan harga komoditas global. Selain itu, kondisi perekonomian domestik membaik seiring mobilitas masyarakat yang naik dengan membaiknya penanganan Covid-19. Daya beli masyarakat terjaga seiring akselerasi konsumsi dan aktivitas produksi. 

Bank Indonesia dan Kementerian Keuangan sebelumnya telah memperkirakan pertumbuhan ekonomi kuartal kedua lebih tinggi dari kuartal pertama. Pertumbuhannya ditopang konsumsi dan investasi yang makin kuat, serta kinerja ekspor yang positif.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.