Sorta Tobing
8 Agustus 2022, 10:44

Video: Fakta Kereta Cepat Jakarta-Bandung, Dikirim Dari Cina ke RI

Rangkaian electric multiple unit (EMU) untuk proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) mulai dikirim dari Cina ke Indonesia, Jumat (5/8). Proyek ini akan menjalani tes dinamis pada November 2022 atau bertepatan dengan penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20. 

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyebut proyek ini wujud persahabatan Indonesia-Cina. “Untuk itu mari kita dukung KCJB agar dapat berjalan dengan baik,” katanya. 

KCJB mengadopsi teknologi tinggi, grade of automation (GOA) level 1. Desainnya ramping dan dapat mendukung akselerasi atau kecepatan hingga 350 kilometer per jam. Kereta ini akan melayani 68 perjalanan setiap hari dan berhenti di lima stasiun.

Waktu tempuh Jakarta-Bandung nantinya hanya membutuhkan waktu 36 sampai 45 menit. Sebagai perbandingan, untuk kereta biasa waktu tempuhnya dari Ibu Kota ke Kota Kembang sekitar 2,5 jam. 

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.