Sorta Tobing
15 Agustus 2022, 08:15

Video: Rusia vs Ukraina Saling Tuduh, Apa yang Terjadi di Zaporizhzhia

Ukraina dan Rusia saling menyalahkan atas penembakan di sekitar fasilitas nuklir Zaporizhzhia, Ukraina. Masing-masing pihak mengatakan ada 10 serangan di kantor dan stasiun pemadam kebakaran pembangkit listrik tenaga nuklir terbesar di Eropa tersebut pada Kamis (11/8). 

Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Antonio Guterres, melansir BBC, menyebut serangan seperti itu dapat menyebabkan bencana. Cina dan Amerika Serikat menyerukan agar para ahli diizinkan untuk segera mengunjungi pabrik itu. 

Sebelumnya, AS mendesak agar dibentuk zona demiliterisasi di sekitar pembangkit. “Berperang di dekat pembangkit nuklir sangat berbahaya dan tidak bertanggung jawab,” tulis departemen luar negeri AS. Namun, perwakilan Rusia di PBB mengatakan demiliterisasi bukanlah pilihan karena akan menjadi lebih rentan terhadap provokasi dan serangan teror. 

Ukraina mengatakan Kremlin telah mengubah pembangkit nuklir itu menjadi pangkalan militer. Pasukan Rusia meluncurkan serangan dari sana dan Ukraina tidak mungkin membalas. 

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.