Sorta Tobing
1 September 2022, 08:15

Video: Mikhail Gorbachev Wafat, Berperan Besar Akhiri Perang Dingin

Mantan pemimpin Uni Soviet yang mengakhiri Perang Dingin, Mikhail Gorbachev, meninggal di usia 91 tahun, Selasa (30/8). Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Antonio Guterres mengatakan, Gorbachev telah mengubah sejarah.

“Ia adalah negarawan yang unik,” cuit Guterres dalam akun Twitternya. “Dunia kehilangan pemimpin global yang menjulang tinggi, multilateralis yang berkomitmen, dan pendukung perdamaian yang tak kenal lelah.”

Rumah sakit di Moskow, Rusia menyatakan Gorbachev meninggal setelah menderita penyakit yang cukup lama dan serius. Dalam beberapa tahun terakhir, melansir dari BBC, ia kerap keluar-masuk rumah sakit.

Pada Juni lalu, media internasional melaporkan, Gorbachev dirawat di rumah sakit karena penyakit ginjal. Presiden Rusia Vladimir Putin telah menyatakan belasungkawa terdalamnya kemarin. 

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.