LIVE AT:
23-24 November 2020, mulai pukul 09:00 WIB
Dunia sedang menghadapi berbagai permasalahan dan tantangan di bidang kesehatan, ekonomi, ketimpangan sosial, hingga lingkungan, yang kini terasa kian pelik di tengah pandemi Covid-19. Sustainable Development Goals (SDGs) yang ditetapkan oleh PBB pada 2015 silam diyakini semakin relevan untuk mengatasi sejumlah tantangan tersebut, dengan menyasar pada “5P”, yaitu: prosperity, people, planet, partnerships, dan peace.
Laporan ‘The Sustainable Development Goals and Covid-19’ tahun 2020 menunjukkan bahwa ada gap yang perlu segera dijembatani dalam hal implementasi SDGs di Indonesia. Artinya, semangat gotong royong, kolaborasi dan aksi nyata dari seluruh elemen masyarakat masih sangat dibutuhkan untuk merumuskan langkah-langkah yang sinergis menuju pembangunan yang berkelanjutan. Sebagai perusahaan yang berlandaskan pada tujuan mulia (purpose-led) serta terus relevan dan siap menghadapi masa depan (future-fit), Unilever Indonesia ingin turut berperan dalam pencapaian SDGs di Indonesia dengan menjalankan bisnis atas dasar prinsip-prinsip keberlanjutan.
Pandemi Covid-19 membuat sejumlah negara semakin terdorong untuk mengedepankan strategi pertumbuhan berkelanjutan yang tak mudah terpukul oleh wabah atau bencana – merujuk pada tujuan-tujuan yang ditetapkan dalam SDGs. Upaya ini memerlukan kolaborasi dan aksi nyata dari seluruh elemen masyarakat untuk bahu-membahu mengakeselerasi perubahan. Unilever Indonesia adalah salah satu perusahaan yang berada di garis depan yang secara konsisten menerapkan prinsip-prinsip keberlanjutan dalam setiap rantai nilainya, sejalan dengan tujuan SDGs di Indonesia.
Deputi Bidang Ekonomi, Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional Republik Indonesia
President of IBCSD (Indonesia Business Council for Sustainable Development)
Director
PT Unilever Indonesia, Tbk.
Moderator
Perilaku Hidup Bersih dan Sehat menjadi kunci untuk meminimalkan risiko penyebaran penyakit seperti Covid-19. Namun nyatanya, kebiasaan sederhana seperti mencuci tangan dengan sabun masih belum diterapkan secara merata. Tak hanya itu, Indonesia pun menjadi negara ketiga dengan kasus stunting tertinggi di Asia. Fakta-fakta ini menandakan adanya persoalan besar dalam membangun sumber daya manusia yang berkualitas. Melalui kolaborasi dengan seluruh pemangku kepentingan yaitu pemerintah, LSM, institusi dan masyarakat, Unilever Indonesia melalui Unilever Indonesia Foundation (UIF) terus memainkan perannya dalam meningkatkan kualitas kesehatan, kebersihan dan nutrisi masyarakat menuju Indonesia Sehat.
Direktur Jenderal Kesehatan Masyarakat, Kementerian Kesehatan RI
Head of Sustainable Living Beauty & Personal Care and Home Care Unilever Indonesia Foundation
Water, Sanitation and Hygiene Specialist at UNICEF Indonesia
Moderator
Permasalahan lingkungan seperti timbunan sampah, kelangkaan air bersih, hingga isu darurat iklim menjadi persoalan nyata yang dihadapi Indonesia dan dunia. Menyikapi hal ini, Unilever Indonesia menjalankan sejumlah program untuk mewujudkan Indonesia Hijau melalui komitmen untuk mengurangi jejak lingkungan dari hulu ke hilir. Untuk memberikan dampak yang lebih luas, program-program keberlanjutan yang berbasis kemasyarakatan juga dilakukan oleh Unilever Indonesia melalui Unilever Indonesia Foundation (UIF) yang sejak lama aktif merangkul kolaborasi dengan berbagai pihak.
Wakil Gubernur Jawa Timur
Country Director of WRI (World Resources Institute) Indonesia
Head of Environment Unilever Indonesia Foundation
Moderator
Bisnis yang inklusif tak hanya berorientasi pada bisnis semata, tetapi juga peningkatan kualitas hidup dan kesejahteraan masyarakat secara menyeluruh. Sejalan dengan prinsip no one left behind yang diusung SDGs, Unilever Indonesia terus berkolaborasi dengan berbagai pihak dalam membangun ekosistem bisnis yang inklusif. Dengan menggali seluruh potensi yang dimiliki oleh jutaan orang yang di sepanjang rantai nilainya, mereka dapat ikut tumbuh, berkembang dan akhirnya menimbulkan efek domino ke masyarakat sekitar.
Deputi Bidang Koordinasi Bidang Ekonomi Digital, Ketenagakerjaan, dan UMKM, Kementrian Koordinator Bidang Perekonomian RI
Head of Corporate Affairs & Sustainability
PT Unilever Indonesia, Tbk.
Executive Director Indonesia Global Compact Network (IGCN)
Moderator
Kesadaran konsumen untuk mengonsumsi produk yang mengadopsi prinsip berkelanjutan memiliki peranan yang sangat besar untuk membuat perubahan nyata terhadap kelestarian lingkungan. Merekalah yang menciptakan demand; semakin besar permintaan akan produk-produk yang membawa nilai berkelanjutan, maka akan semakin besar pula efek yang ditimbulkan. Unilever Indonesia adalah salah satu pionir di industri FMCG dengan komitmen kuat terhadap keberlanjutan di sepanjang rantai nilainya sejak lama. Unilever Indonesia juga kerap mendorong konsumen untuk lebih bijak memilih produk. Dengan semakin tingginya kepedulian konsumen, diharapkan akan lebih banyak perusahaan yang akan mengambil tindakan serupa menuju masa depan yang lebih berkelanjutan.
Director Footprint & Market Transformation WWF
CEO and Founder Databott
Head of Corporate Affairs & Sustainability
PT Unilever Indonesia, Tbk.
Praktisi Hidup Minim Sampah
Moderator
Menciptakan dunia yang bersih dan lestari bisa dimulai dari hal kecil, salah satunya melalui pilihan produk sehari-hari. Sebagai perusahaan Fast Moving Consumers Goods (FMCG) yang produknya digunakan oleh jutaan masyarakat Indonesia, Unilever percaya bahwa konsumen memiliki kekuatan besar untuk membuat perubahan. Melalui inisiatif “Clean Future”, sebuah inisiatif divisi Home Care Unilever secara global, Unilever berkomitmen untuk menerapkan prinsip berkelanjutan pada produk pembersihnya, dan terus berupaya mengajak konsumen untuk lebih bijak memilih produk yang aman dan baik untuk planet kita.
Home Care Director
PT Unilever Indonesia, Tbk.
Penyanyi dan Pegiat Gaya Hidup Ramah Lingkungan
Product Development Manager
PT Unilever Indonesia, Tbk.
Pendiri Komunitas Zero Waste Indonesia
Moderator