Kolaborasi dan Aksi
untuk Masa Depan
Berkelanjutan

Register

LIVE AT:

Unilever Indonesia
Katadata Indonesia

23-24 November 2020, mulai pukul 09:00 WIB

Dunia sedang menghadapi berbagai permasalahan dan tantangan di bidang kesehatan, ekonomi, ketimpangan sosial, hingga lingkungan, yang kini terasa kian pelik di tengah pandemi Covid-19. Sustainable Development Goals (SDGs) yang ditetapkan oleh PBB pada 2015 silam diyakini semakin relevan untuk mengatasi sejumlah tantangan tersebut, dengan menyasar pada “5P”, yaitu: prosperity, people, planet, partnerships, dan peace.

Laporan ‘The Sustainable Development Goals and Covid-19’ tahun 2020 menunjukkan bahwa ada gap yang perlu segera dijembatani dalam hal implementasi SDGs di Indonesia. Artinya, semangat gotong royong, kolaborasi dan aksi nyata dari seluruh elemen masyarakat masih sangat dibutuhkan untuk merumuskan langkah-langkah yang sinergis menuju pembangunan yang berkelanjutan. Sebagai perusahaan yang berlandaskan pada tujuan mulia (purpose-led) serta terus relevan dan siap menghadapi masa depan (future-fit), Unilever Indonesia ingin turut berperan dalam pencapaian SDGs di Indonesia dengan menjalankan bisnis atas dasar prinsip-prinsip keberlanjutan.

Speakers

Agenda

23 November 2020
09.00 - 10.00
Sesi I: Kontribusi Lintas Sektor Wujudkan Masa Depan Indonesia yang Berkelanjutan

Pandemi Covid-19 membuat sejumlah negara semakin terdorong untuk mengedepankan strategi pertumbuhan berkelanjutan yang tak mudah terpukul oleh wabah atau bencana – merujuk pada tujuan-tujuan yang ditetapkan dalam SDGs. Upaya ini memerlukan kolaborasi dan aksi nyata dari seluruh elemen masyarakat untuk bahu-membahu mengakeselerasi perubahan. Unilever Indonesia adalah salah satu perusahaan yang berada di garis depan yang secara konsisten menerapkan prinsip-prinsip keberlanjutan dalam setiap rantai nilainya, sejalan dengan tujuan SDGs di Indonesia.

Speakers

Amalia Adininggar Widyasanti, ST, MSi, M.Eng. Ph.D

Deputi Bidang Ekonomi, Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional Republik Indonesia

Shinta W. Kamdani

President of IBCSD (Indonesia Business Council for Sustainable Development)

Ira Noviarti

Director
PT Unilever Indonesia, Tbk.

Moderator

Puri Anindita

Moderator

11.00 - 12.30
Sesi II: Perilaku Hidup Bersih Menuju Indonesia Sehat

Perilaku Hidup Bersih dan Sehat menjadi kunci untuk meminimalkan risiko penyebaran penyakit seperti Covid-19. Namun nyatanya, kebiasaan sederhana seperti mencuci tangan dengan sabun masih belum diterapkan secara merata. Tak hanya itu, Indonesia pun menjadi negara ketiga dengan kasus stunting tertinggi di Asia. Fakta-fakta ini menandakan adanya persoalan besar dalam membangun sumber daya manusia yang berkualitas. Melalui kolaborasi dengan seluruh pemangku kepentingan yaitu pemerintah, LSM, institusi dan masyarakat, Unilever Indonesia melalui Unilever Indonesia Foundation (UIF) terus memainkan perannya dalam meningkatkan kualitas kesehatan, kebersihan dan nutrisi masyarakat menuju Indonesia Sehat.

Speakers

dr. Kirana Pritasari, MQIH

Direktur Jenderal Kesehatan Masyarakat, Kementerian Kesehatan RI

Ratu Mirah Afifah

Head of Sustainable Living Beauty & Personal Care and Home Care Unilever Indonesia Foundation

Preetha Prabhakaran

Water, Sanitation and Hygiene Specialist at UNICEF Indonesia

Moderator

Risca Andalina

Moderator

13.30 - 15.00
Sesi III: Healthy Planet for All

Permasalahan lingkungan seperti timbunan sampah, kelangkaan air bersih, hingga isu darurat iklim menjadi persoalan nyata yang dihadapi Indonesia dan dunia. Menyikapi hal ini, Unilever Indonesia menjalankan sejumlah program untuk mewujudkan Indonesia Hijau melalui komitmen untuk mengurangi jejak lingkungan dari hulu ke hilir. Untuk memberikan dampak yang lebih luas, program-program keberlanjutan yang berbasis kemasyarakatan juga dilakukan oleh Unilever Indonesia melalui Unilever Indonesia Foundation (UIF) yang sejak lama aktif merangkul kolaborasi dengan berbagai pihak.

Speakers

Dr. H. Emil Elestianto Dardak, B.Bus., M.Sc.

Wakil Gubernur Jawa Timur

Dr. Nirarta “Koni” Samadhi

Country Director of WRI (World Resources Institute) Indonesia

Maya Tamimi

Head of Environment Unilever Indonesia Foundation

Moderator

Dorothea Ayu

Moderator

16.00 - 17.30
Sesi IV: Bisnis Inklusif dan Berkelanjutan untuk Indonesia Sejahtera

Bisnis yang inklusif tak hanya berorientasi pada bisnis semata, tetapi juga peningkatan kualitas hidup dan kesejahteraan masyarakat secara menyeluruh. Sejalan dengan prinsip no one left behind yang diusung SDGs, Unilever Indonesia terus berkolaborasi dengan berbagai pihak dalam membangun ekosistem bisnis yang inklusif. Dengan menggali seluruh potensi yang dimiliki oleh jutaan orang yang di sepanjang rantai nilainya, mereka dapat ikut tumbuh, berkembang dan akhirnya menimbulkan efek domino ke masyarakat sekitar.

Speakers

Dr. Ir. Mohammad Rudy Salahuddin, MEM

Deputi Bidang Koordinasi Bidang Ekonomi Digital, Ketenagakerjaan, dan UMKM, Kementrian Koordinator Bidang Perekonomian RI

Nurdiana Darus

Head of Corporate Affairs & Sustainability
PT Unilever Indonesia, Tbk.

Josephine Satyono

Executive Director Indonesia Global Compact Network (IGCN)

Moderator

Reinhard Sirait

Moderator

24 November 2020
09.00 - 10.30
Sesi V: Menjadi Konsumen Cerdas dengan Mendukung Program Keberlanjutan

Kesadaran konsumen untuk mengonsumsi produk yang mengadopsi prinsip berkelanjutan memiliki peranan yang sangat besar untuk membuat perubahan nyata terhadap kelestarian lingkungan. Merekalah yang menciptakan demand; semakin besar permintaan akan produk-produk yang membawa nilai berkelanjutan, maka akan semakin besar pula efek yang ditimbulkan. Unilever Indonesia adalah salah satu pionir di industri FMCG dengan komitmen kuat terhadap keberlanjutan di sepanjang rantai nilainya sejak lama. Unilever Indonesia juga kerap mendorong konsumen untuk lebih bijak memilih produk. Dengan semakin tingginya kepedulian konsumen, diharapkan akan lebih banyak perusahaan yang akan mengambil tindakan serupa menuju masa depan yang lebih berkelanjutan.

Speakers

Aditya Bayunanda

Director Footprint & Market Transformation WWF

Regi Wahyu

CEO and Founder Databott

Nurdiana Darus

Head of Corporate Affairs & Sustainability
PT Unilever Indonesia, Tbk.

Andhini Miranda

Praktisi Hidup Minim Sampah

Moderator

Cisca Becker

Moderator

13.30 - 15.00
Sesi VI: Ayo Jadi Konsumen Bijak untuk Masa Depan Bersih & Lestari

Menciptakan dunia yang bersih dan lestari bisa dimulai dari hal kecil, salah satunya melalui pilihan produk sehari-hari. Sebagai perusahaan Fast Moving Consumers Goods (FMCG) yang produknya digunakan oleh jutaan masyarakat Indonesia, Unilever percaya bahwa konsumen memiliki kekuatan besar untuk membuat perubahan. Melalui inisiatif “Clean Future”, sebuah inisiatif divisi Home Care Unilever secara global, Unilever berkomitmen untuk menerapkan prinsip berkelanjutan pada produk pembersihnya, dan terus berupaya mengajak konsumen untuk lebih bijak memilih produk yang aman dan baik untuk planet kita.

Speakers

Veronika Utami

Home Care Director
PT Unilever Indonesia, Tbk.

Andien Aisyah

Penyanyi dan Pegiat Gaya Hidup Ramah Lingkungan

Effendi Yonatan

Product Development Manager
PT Unilever Indonesia, Tbk.

Maurilla Sophianti Imron

Pendiri Komunitas Zero Waste Indonesia

Moderator

Lia Atmadjaja

Moderator

Paper Download

You can download all the paper presented at this event below.

Contact us

Newsletter

Be the first to hear about the latest Katadata events and opportunities