Survei: Hanya Enam Parpol yang Bakal Lolos ke DPR Hasil Pemilu 2024

Image title
25 April 2022, 09:35
Survei Populi Sebut Hanya 6 Parpol yang Bakal Lolos ke Senayan
Donang Wahyu|KATADATA
Gedung DPR

Hasil survei lembaga Populi Center menemukan bahwa terdapat enam partai politik yang lolos ambang batas parlemen atau parliamentary threshold jika Pemilihan Umum (Pemilu) dilaksanakan pada saat ini. Enam partai yang lolos tersebut, yaitu: PDIP 19,3%, Gerindra 11,6%, Golkar 11,3%, PKB 6,8%, Demokrat 6,7%, dan PKS 5,1%.

“Berkaitan dengan peta politik di parlemen, PDIP, Gerindra, Golkar, PKB, Demokrat, dan PKS, diprediksi mendapatkan suara nasional di atas empat persen,” kata Peneliti Populi Center, Rafif Pamenang Imawan pada Minggu (24/4). 

Sementara itu, partai lainya diperkirakan tidak mendapat jatah kursi di Senayan jika Pemilu dilaksanakan pada saat ini, sebab memiliki persentase di bawah ambang batas parlemen, yaitu 4%. Hasil dari survei menunjukkan bahwa PPP memperoleh 3,5%, Nasdem 3,1%, PAN 2,5%, Perindo 1,3%, Hanura 0,5%, Partai Garuda 0,3%, PSI 0,3%, PBB 0,3%, Berkarya 0,3%, dan Partai Ummat 0,2%. Selebihnya, memilih untuk tidak menjawab pertanyaan survei mengenai partai politik yang akan dipilih.

Saat ini, sembilan partai memiliki kursi di Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), yaitu PDIP, Gerindra, Golkar, PKB, Demokrat, PKS, PPP, Nasdem, dan PAN. Pada Pemilu 2019 lalu, PDIP memperoleh 19,33% atau 128 kursi, Golkar 12,31% atau 85 kursi, Gerindra 12,31% atau 85 kursi, Nasdem 9.05% atau 59 kursi, PKB 9,69% atau 58 kursi, Demokrat 7,77% atau 54 kursi, PKS 8,21% atau 50 kursi, PAN 6,84% atau 44 kursi, dan PPP 4,52% atau 19 kursi.

Berdasarkan hasil survei Populi Center, berarti terdapat tiga partai yang akan terdepak dari parlemen jika Pemilu dilaksanakan pada saat ini, yaitu PPP, Nasdem, dan PAN. Meski demikian, Rafif mengungkapkan bahwa ketiga partai tersebut masih memiliki peluang untuk mempertahankan kursi mereka di DPR.

“Meskipun pada survei kali ini mendapatkan dukungan di bawah empat persen, masih tetap berpeluang untuk mendapatkan kursi di parlemen nasional mengingat masih terdapat cukup waktu untuk melakukan konsolidasi dukungan,” ujarnya.

Sayangnya, hasil survei belum mengelaborasi terkait peran partai politik dalam berbagai isu, seperti dalam upaya penanganan Corona Virus Desease-19 (Covid-19), kelangkaan dan mahalnya minyak goreng, kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM), dan sebagainya. Menurut Anggota DPR, Emanuel Melkiades Laka Lena, publik mesti disodorkan pertanyaan-pertanyaan seperti itu dalam survei-survei mendatang.

“Alangkah baiknya, survei kita ke depan bia memotret lebih dalam. Bagaimana peran parpol. Sikap parpol terhadap berbagai isu,” kata Melki. 

Halaman:
Reporter: Ashri Fadilla
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...