Jokowi Apresiasi Kinerja Jajarannya dalam Penjagaan Arus Mudik Lebaran

Amelia Yesidora
9 Mei 2022, 22:15
Jokowi Apresiasi Kinerja Jajarannya dalam Penjagaan Arus Mudik Lebaran
Antara
Presiden Joko Widodo saat melepas Tim Indonesia menuju SEA Games ke-31 Vietnam di Istana Kepresidenan, jakarta, Senin (9/5). Foto: Antara.

Presiden Joko Widodo mengapresiasi kinerja kementerian, TNI, hingga Polri dalam pengawalan mudik Lebaran 2022. Jokowi menyebut baik arus mudik dan arus balik tahun ini dapat berjalan lancar tanpa macet berhari-hari.

“Saya ingin menyampaikan terima kasih ke seluruh jajaran kementerian, Polri, TNI, dalam rangka manajemen arus mudik maupun arus balik secara umum alhamdulilah bisa dikelola dengan baik,” kata Jokowi dalam pengantar Sidang Kabinet Paripurna di Istana Negara, Jakarta, Senin (9/5). 

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini tidak menafikan adanya keluhan-keluhan kecil yang dilayangkan masyarakat terkait pengelolaan arus mudik. Namun, pada tahun ini tidak ada peristiwa macet yang memakan waktu pemudik hingga 1,5 hari hingga 2 hari seperti yang terjadi pada beberapa tahun lalu. Maka, di penghujung arus balik mudik 2022 ini Jokowi menginstruksikan agar jajarannya masih tetap melanjutkan kinerja baik tersebut.

“Ini bisa diatasi karena saya melihat persiapan manajemennya dengan pengelolaan di lapangan yang baik. Saya melihat semuanya bisa diatasi, dan ini agar masih sisa sedikit ini arus baliknya, betul-betul agar terus diikuti,” ucap Jokowi. 

Menurut catatan Katadata, volume lalu lintas arus balik mudik lebaran tahun ini mencapai level tertinggi sepanjang sejarah pada Sabtu (7/5) lalu. Rinciannya, volume lalu lintas dari Bakauheni ke Merak mencapai 37.000 kendaraan per hari dan volume lalu lintas jalan tol Semarang–Jakarta menyentuh 170.000 kendaraan per hari.

Reporter: Amelia Yesidora
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...