30% Pemudik Belum Kembali, Kemenhub Masih Siaga Pantau Arus Balik

Andi M. Arief
10 Mei 2022, 20:40
30% Pemudik Belum Kembali, Kemenhub Masih Siaga Pantau Arus Balik
ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/aww.
Seorang pemudik bersandar di pagar bahu Jalan Tol Jakarta-Cikampek, Karawang, Jawa Barat.

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyatakan masih akan memantau pergerakan arus balik. Pasalnya, masih ada sekitar 30% warga Jabodetabek yang masih berada di kampung halaman. 

Direktur Jenderal Hubungan Darat Kemenhub Budi Setyadi mengatakan masih ada 30% pemudik yang menuju kawasan Jabodetabek dalam waktu dekat. Adapun, pemerintah menilai pemudik akan tersebut akan melakukan perjalanan pada malam hari. 

"Kami sekarang ini masih bersiaga terus walaupun posko sudah diselesaikan, karena potensi pergerakan (saat) malam (hari) cukup banyak. Kami akan melakukan dinamika dengan Korlantas Polri," kata Budi dalam konferensi pers virtual, Selasa (10/5). 

Budi menyampaikan pengawasan tersebut akan terus dilakukan sampai seluruh pemudik asal Jabodetabek kembali. Menurutnya, pengawasan ini penting lantaran kendaraan niaga berkapasitas tinggi mulai memasuki jalan tol. 

Oleh karena itu, salah satu dinamika yang akan dilakukan Kepolisian adalah mengeluarkan kendaraan niaga berat dari jalan tol ke jalan arteri nasional. "Semua kendaraan logistik sumbu tiga ke atas secara bergantian kami keluarkan ke jalan nasional, walaupun secara de jure sudah selesai (masa pelarangan kendaraan niaga di jalan tol)," kata Budi. 

Namun demikian, Budi mengatakan pengeluaran kendaraan niaga tersebut akan sesuai dengan diskresi pihak kepolisian. 

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...