Korea Utara Umumkan Kasus Pertama Positif Covid-19

Syahrizal Sidik
12 Mei 2022, 22:05
Korea Utara Umumkan Kasus Pertama Positif Covid-19
ANTARA FOTO/REUTERS/KCNA//HP/sa.
Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un berbicara selama Kongres ke-8 Partai Buruh di Pyongyang, Korea Utara.

Pemerintah Korea Utara mengumumkan infeksi virus Covid-19 pertama di negaranya setelah pandemi melanda lebih dari dua tahun.

Kantor berita resmi Korea Utara, KCNA mengungkapkan berdasarkan hasil tes dari sejumlah orang yang demam di ibu kota Pyongyang telah dikonfirmasi mereka terinfeksi varian Omicron.

Korea Utara sebelumnya mengklaim rekor sebagai negara yang bebas COVID-19. Meski klaim yang secara luas itu masih diragukan oleh para pakar. Dengan populasi negara yang berjumlah 26 juta diyakini sebagian besar tidak divaksinasi, Korea Utara juga rentan terpapar virus Corona.

Namun, para ahli mengatakan Kim Jong Un masih belum secara terbuka meminta bantuan apa pun termasuk vaksin COVID-19 dari Amerika Serikat dan Korea Selatan di tengah kebuntuan berkepanjangan dalam diplomasi nuklir.

Terkait ditemukannya kasus pertama itu, KCNA mengatakan, Kim mengadakan pertemuan dan menyerukan jajarannya untuk mencegah penularan virus yang lebih luas.

"Kim selama pertemuan itu menyerukan para pejabat untuk menstabilkan transmisi dan menghilangkan sumber infeksi secepat mungkin," seperti dikutip CBS News, Kamis (12/5).

Terlepas dari keputusan untuk meningkatkan langkah-langkah mengendalikan virus, Kim tetap memerintahkan para pejabatnya untuk melanjutkan proyek-proyek negara lainnya sambil memperkuat postur pertahanan negara untuk menghindari kekosongan keamanan.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...