Tips Sukses UKM Perluas Pangsa Pasar: Inovasi Hingga Gaet Selebgram

Cahya Puteri Abdi Rabbi
28 Juni 2022, 18:39
Ini Tips UKM Perluas Pangsa Pasar: Berinovasi Hingga Gaet Selebgram
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/rwa.
Ilustrasi Festival UKM di Jakarta

Di era serba digital juga transisi menuju endemi ini, para pelaku usaha kecil menengah (UKM) dalam negeri berupaya untuk naik kelas dan mempertahankan bisnisnya. Berbagai strategi dilakukan agar bisa menjaring pasar lebih luas dan tetap relevan dengan kebutuhan konsumen.

Seperti yang dilakukan oleh PT Consina Segara Alam, produsen perlengkapan aktivitas luar ruangan atau outdoor dengan merek Consina.  Perusahaan mengedepankan inovasi dan kreativitas untuk membuat konsumen menggunakan produk mereka.

CEO PT Consina Segara Alam, Disyon Toba mengatakan, dua hal tersebut menjadi kunci untuk mengembangkan usaha agar produk yang dihasilkan tidak tertinggal oleh kompetitor dengan jenis produk yang sama.

"Inovasi yang kita lakukan membuat pelanggan tidak meninggalkan kita. Hal itu dikarenakan kita selalu mencoba untuk membuat produk yang sesuai dengan karakter masyarakat," kata Disyon dalam acara webinar webinar Win Local, Go Global - Bangga UKM Indonesia,  yang digelar Katadata bekerja sama dengan Kementerian Koperasi dan UKM, Selasa (28/6).

Ia menjelaskan, penciptaan produk yang sesuai dengan karakter masyarakat juga dapat memperluas jangkauan pasar dari suatu produk. Menurutnya, selain menciptakan tren produk terbaru, proses adaptasi dengan kebiasaan masyarakat dan perkembangan zaman membuat pengusaha tidak kehilangan cara untuk menciptakan produk yang dibutuhkan pelanggan.

Adapun, strategi lain untuk memperluas jangkauan pasar yakni dengan berfokus pada arah dan target pasar dari produk yang diciptakan. Selain itu, para pengusaha juga dituntut aktif dalam mengikuti kegiatan atau event yang sesuai dengan karakter produk buatannya. 

"Kalau kita biasa ikut kegiatan mendaki gunung atau hiking, dan lebih banyak mengajak karyawan melakukan kegiatan serupa agar mereka merasakan kebutuhan akan produk yang kita buat," kata dia.

Halaman:
Reporter: Cahya Puteri Abdi Rabbi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...