Jusuf Kalla Kenang Shinzo Abe Tokoh yang Gigih Menjaga Perdamaian

Syahrizal Sidik
8 Juli 2022, 22:45
Jusuf Kalla Kenang Shinzo Abe Tokoh yang Gigih Jaga Perdamaian
ANTARA FOTO/Galih Pradipta
Mantan Wakil Presiden Indonesia ke-10 dan 12, Jusuf Kalla

 

Mantan wakil presiden Indonesia ke-10 dan 12, Jusuf Kalla turut menyampaikan duka cita yang mendalam atas meninggalnya mantan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe.

Bagi Jusuf Kalla, Shinzo Abe tidak saja membawa hubungan Jepang dan Indonesia makin bersahabat, juga secara pribadi memiliki hubungan persahabatan yang hangat dengan mantan Perdana Menteri Negeri Sakura tersebut.

"Kepergiannya adalah kehilangan besar seorang tokoh Asia yang selama ini gigih memperjuangkan kerjasama terutama ekonomi dan menjaga perdamaian kawasan," kata Kalla, dalam keterangannya, Jumat (8/7).

Jusuf Kalla secara historis memiliki hubungan kerjasama bisnis dengan Jepang. Saat mendampingi Jokowi sebagai Presiden, ia beberapa kali melakukan kunjungan kenegaraan bertepatan dengan masa kepemimpinan Shinzo Abe.   

Karena itu, keduanya makin memiliki kedekatan. Salah satu pertemuan yang berkesan dengan Shinzo Abe ketika Jusuf Kalla menjadi pembicara pada Konferensi Kebencanaan PBB yang diselenggarakan di Sendai Jepang 14 Maret 2015.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...