Kuasa Hukum Ahyudin Bantah Dugaan Penyelewengan Dana ACT

Image title
11 Juli 2022, 22:05
Kuasa Hukum Ahyudin Bantah Dugaan Penyelewengan Dana ACT
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/wsj.
Mantan Presiden Aksi Cepat Tanggap (ACT) Ahyudin mengacungkan kedua ibu jarinya saat akan menjalani pemeriksaan di Bareskrim Mabes Polri, Jakarta, Senin (11/7/2022).

Tim Penyidik Direktorat Tindak Pidana Ekonomi Khusus Badan Reserse Kriminal Kepolisian Republik Indonesia (Dittipideksus Bareskrim Polri) menemukan adanya keterlibatan mantan Presiden Aksi Cepat Tanggap (ACT), Ahyudin dalam dugaan penyelewengan dana umat.

Terbaru, tim penyidik menemukan bahwa dana corporate social responsibility (CSR) untuk ahli waris korban kecelakaan pesawat Lion Air Boeing JT-610 digunakan untuk keperluan internal ACT. Akan tetapi, Kuasa Hukum Ahyudin, Teuku Pupun Zulkifli membantah dugaan tersebut.

Advertisement

Menurut Pupun, dugaan yang melibatkan kliennya belum memiliki pembuktian yang cukup. Oleh sebab itu, dalam dua pemeriksaan sejak Jumat (11/7) lalu, dirinya mendampingi Ahyudin untuk memberikan keterangan kepada pihak penyidik dengan sejelas-jelasnya.

“Tentu di pemeriksaan ini kita jelasakan sejauh mana kapasitasnya. Ini kan masih dugaan semua,” ujarnya pada Senin (11/7).

Tak hanya dana CSR untuk ahli waris korban kecelakaan pesawat Lion Air Boeing JT-610, Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) menemukan adanya aliran dana ACT yang berujung kepada kelomok teroris Alqaeda. Terkait hal itu pula, Pupun membantah keterlibatan kliennya dengan dalih fitnah.

“Itu semua tidak ada karena yayasan ini tidak ada afiliasi dengan teroris semua dalam bentuk kemanusiaan. Itu semua fitnah,” katanya.

Dalam dua pemeriksaan yang dijalani, Pupun menyampaikan bahwa tim penyidik masih menggali keterangan seputar legalitas ACT. Sementara terkait dokumen keuangan yang diminta tim penyidik, saat ini pihak Ahyudin mengaku belum menyediakannya.

“Sementara ini kita belum, belum masuk ke arah sana. Tapi Insya Allah habis ini kita akan selesaikan,” terangnya.

Halaman:
Reporter: Ashri Fadilla
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement