Perang Belum Berakhir, Putin Kirim 300.000 Pasukan Tambahan ke Ukraina

Syahrizal Sidik
21 September 2022, 21:35
Perang Belum Berakhir, Putin Kirim 300.000 Pasukan Tambahan ke Ukraina
ANTARA FOTOMaxim Shemetov/hp.
President Rusia Vladimir Putin

Perang Rusia dan Ukraina masih jauh dari kata berakhir. Presiden Rusia, Vladimir Putin justru memobilisasi sebanyak 300.000 pasukan tambahan untuk menghancurkan Ukraina.

Sebagaimana dikutip dari NBC News, Rabu (21/9), Putin menerjunkan lebih banyak pasukannya setelah melakukan invasi penuh sejak Februari lalu. Dalam pidato nasional, yang jarang terjadi, Putin mendukung rencana negaranya untuk mencaplok wilayah yang diduduki di Ukraina selatan dan timur.

"Rusia mengancam akan melakukan serangan pembalasan nuklir apabila Kyiv tetap bersikukuh mempertahankan wilayahnya," tulis laporan itu.

Itu terjadi hanya sehari setelah empat wilayah yang dikuasai Rusia mengumumkan bahwa mereka akan mengadakan pemungutan suara minggu ini untuk memisahkan diri dari Ukraina dan bergabung dengan Rusia.

Rusia akan menggunakan semua cara yang dimilikinya untuk melindungi apa yang dianggapnya sebagai wilayahnya. Putin juga menuduh Barat melakukan pemerasan nuklir dan memperingatkan: “Ini bukan gertakan," katanya.

Menteri Pertahanan Rusia Sergei Shoigu mengatakan 300.000 cadangan awal akan disiapkan. Hanya mereka yang memiliki pengalaman tempur dan layanan yang relevan yang akan dimobilisasi.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...