Harga Minyak Naik 4% Imbas Ulah OPEC, Brent Tembus US$ 88 per Barel

Syahrizal Sidik
4 Oktober 2022, 07:15
Harga Minyak Naik 4% Imbas Ulah OPEC, Brent Tembus US$ 88 per Barel
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/rwa.
Ilustrasi. Harga minyak acuan global, Brent bergerak naik lebih dari 4% ke level US$ 88 per barel setelah OPEC+ berencana memangkas produksi.

 

Harga minyak acuan dunia menunjukkan kenaikan pada perdagangan Selasa pagi (4/10), sejalan dengan rencana Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak beserta sekutunya (OPEC+) memangkas produksi hingga 1 juta barel per hari.

Minyak mentah acuan global, Brent untuk kontrak pengiriman November pagi ini harganya terpantau bergerak naik 4,37% ke level US$ 88,86 per barel. Sedangkan, harga minyak West Texas Intermediate (WTI) sedikit terkoreksi 0,33% ke level US$ 83,36 per barel.

Harga minyak dunia kembali mencatatkan reli di awal Oktober ini setelah beberapa pekan mengalami penurunan. Hal ini disebabkan dalam pertemuan besok, OPEC+ diperkirakan akan menyetujui rencana pemangkasan produksi minyak global.

Pada akhir bulan lalu, Rusia juga telah mengusulkan pengurangan produksi minyak 1 juta barel per hari.  Rusia juga disebut sedang mempertimbangkan akan mengurangi produksi yang lebih besar.

"Apa pun yang kurang dari 500.000 barel per hari akan diabaikan oleh pasar. Oleh karena itu, kami melihat peluang signifikan penurunan sebesar 1 juta barel per hari," kata analis ANZ, seperti dikutip Reuters, Selasa (4/10).

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...