Boris Johnson Beri Sinyal Siap Jadi PM Inggris Lagi

Syahrizal Sidik
23 Oktober 2022, 21:30
UKRAINE-CRISIS/BRITAIN-JOHNSON
ANTARA FOTO/REUTERS/Henry Nicholls/aww/sad.
Mantan Perdana Menteri Inggris Boris Johnson meninggalkan Downing Street, di London, Inggris, pada Selasa (22/2/2022).

 

Boris Johnson memberi sinyal bakal kembali melenggang di bursa calon Perdana Menteri Inggris menggantikan Liz Truss yang mengundurkan diri dari jabatannya pada Kamis (20/10).

Sinyal Boris kembali mencalonkan diri sebagai perdana menteri Inggris kian terkuak setelah dirinya terus berjuang untuk mendapatkan dukungan. Mantan PM Inggris ini bahkan melakukan pertemuan tatap muka dengan mantan Menteri Keuangan Rishi Sunak menjelang batas waktu pencalonan perdana menteri Inggris yang baru. 

Hanya saja, tokoh-tokoh terkemuka yang sebelumnya mendukung Johnson, kini beralih mengusung Rishi Sunak jelang pemungutan suara pertama oleh para anggota parlemen dari Konservatif pada Senin besok (24/10).

Menteri Muda Steve Baker mengatakan dirinya akan memberikan suaranya kepada Sunak. Dia beralasan Inggris tidak mungkin kembali pada "opera sabun" yang terjadi awal tahun ini, sebelum Johnson dipaksa mundur menyusul terungkapnya serangkaian skandal.

Johnson kini sedang diselidiki oleh Komite Hak Istimewa di parlemen apakah dia berbohong kepada Dewan Rakyat terkait pesta-pesta yang dilakukan di kediaman resminya di Downing Street selama pandemi COVID-19.

Para menteri yang diketahui telah menyesatkan parlemen diperkirakan akan mengundurkan diri.

"Ini bukan waktunya bagi gaya Boris," kata Baker kepada Sky News, seperti dikutip dari Antara, Minggu (23/10).

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...