Hadiri KTT G20, Uni Eropa Akan Tekan Rusia Hentikan Invasi ke Ukraina

Andi M. Arief
15 November 2022, 10:28
Hadiri KTT G20, Uni Eropa Akan Tekan Rusia Hentikan Invasi ke Ukraina
ANTARA FOTO/Media Center G20 Indonesia/Akbar Nugroho Gumay/nym.
Presiden Komisi Eropa Ursula von der Leyen tiba di lokasi KTT G20 di Nusa Dua, Bali, Selasa (15/11/2022).

Uni Eropa (UE) akan menekan Rusia secara diplomatis selama Konferensi Tingkat Tinggi atau KTT G20 pada 15-16 November 2022. Tekanan tersebut bertujuan untuk mengakhiri krisis pangan dan energi yang terjadi sepanjang tahun ini.

Presiden Dewan Eropa Charles Michel meminta pemerintah Rusia untuk mengakhiri perang yang dirinya nilai tidak masuk akal. Menurutnya, tekanan yang diberikan adalah agar pemerintah rusia menghargai Piagam PBB yang menjunjung perdamaian dunia.

Advertisement

"Kremlin telah memutuskan untuk mempersenjatai makanan yang mendorong kelaparan, kemiskinan, dan ketidakstabilan. Ini memiliki konsekuensi global yang dramatis pada pengembangan obat-obatan, termasuk di Asia," kata Michel di Bali International Convention Center atau BICC, Selasa (15/11).

Michel menyatakan, jumlah orang yang mengalami kelaparan parah dan kekurangan gizi saat ini terus meningkat. Pada saat yang sama, Rusia telah memberlakukan pembatasan ekspor pangan.

Menurutnya, Rusia telah melakukan pembatasan ekspor pupuk ke Uni Eropa bahkan sebelum invasi terjadi. Oleh karena itu, Michel menyatakan menantikan berlangsungnya pertemuan KTT G20 pada hari ini.

"Kami harus mendukung negara-negara untuk memproduksi pupuk berkelanjutan secara mandiri, seperti yang dilakukan saat memproduksi vaksin Covid-19," kata Michel.

Di samping itu, Michel mengatakan krisis energi di Benua Biru membuat biaya rumah tangga meningkat. Michel mengumumkan Uni Eropa memiliki strategi transisi energi berkelanjutan yang berbasis bahan bakar yang terjangkau.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement