BUMN Bakal Revitalisasi Aset Bangunan Tua jadi Sentra UMKM

Image title
Oleh Abdul Azis Said
4 Desember 2022, 13:56
BUMN Bakal Revitalisasi Aset Bangunan Tua jadi Sentra UMKM
Muhammad Zaenuddin|Katadata
Sesi diskusi pada acara Blok M Green Collabs di Jakarta, Minggu (4/12).

Kementerian BUMN berencana merevitalisasi sejumlah aset properti negara untuk diubah menjadi ruang publik yang mendukung kegiatan literasi hingga aktivitas seni budaya. 

Deputi Bidang Sumber Daya Manusia, Teknologi dan Informasi Kementerian BUMN, Tedi Bharata, mengatakan program tersebut akan menyasar pada bangunan-bangunan tua milik BUMN. Adapun yang sudah berjalan saat ini adalah kawasan M Bloc dan Pos Bloc. 

Tedi menjelaskan, program tersebut bakal menggabungkan aspek hiburan seni budaya dan bisnis dengan melibatkan banyak Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) fashion dan kuliner. 

"Tempat-tempat ini untuk mengembangkan UMKM. Artinya penciptaan lapangan kerja," kata Tedi saat ditemui di Agenda 'Shifting Into a Green Lifestyle' Blok M Green Collabs di Taman Literasi Christina Martha Tiahahu, Jakarta pada Minggu (4/12). 

Kawasan Pos Bloc memanfaatkan aset bekas gedung filateli di kawasan Gambir, Jakarta Pusat. Bangunan ini juga merupakan salah satu aset bersejarah yang dimiliki oleh PT Pos Indonesia. Sementara itu, area ruang publik M Bloc sejatinya merupakan bekas rumah dinas PT Peruri yang sempat terabaikan. 

"Daerah Kota Tua juga akan kami revitalisasi, lalu Kota Lama di Semaranf dan beberapa tempat lain, banyak sekali aset BUMN misalnya punya KAI, PT Pos itu bisa dilakukan revitalisasi," ujar Tedi. 

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...