Kasus Covid-19 Melonjak, Tesla Hentikan Produksi di Shanghai

Syahrizal Sidik
25 Desember 2022, 20:05
Kasus Covid-19 Melonjak, Tesla Hentikan Produksi di Shanghai
ANTARA FOTO/REUTERS/Arnd Wiegmann/File Photo/WSJ/sad.
Logo produsen mobil Tesla

Perusahaan produsen kendaraan listrik, Tesla Inc, memutuskan untuk menghentikan aktivitas produksinya di Shanghai, Cina sejak Sabtu (24/12). Keputusan ini dilakukan seiring dengan lonjakan kasus Corona di Negeri Tirai Bambu.

Merujuk keterangan pejabat Cina, diperkirakan sebanyak 250 juta orang penduduk Cina terinfeksi Covid-19 pada periode 20 hari pertama Desember ini. Lonjakan kasus terjadi setelah Beijing melonggarkan kebijakan pengetatan pencegahan penularan Covid-19.

"Diperkirakan sebanyak 37 juta orang, atau 2,6% dari populasi terinfeksi pada Selasa saja," tutur Sun Yang, wakil direktur Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Cina, seperti dikutip dari Financial Times, Minggu (25/12).

Perusahaan yang didirikan Elon Musk tersebut telah membatalkan shift pada Minggu pagi dan memberi tahu semua pekerjanya di pusat manufaktur paling produktif agar dapat memulai istirahat.

Reuters melaporkan, awal bulan ini bahwa raksasa mobil listrik itu berencana menghentikan produksi Model Y di pabrik tersebut mulai 25 Desember hingga 1 Januari.

Penangguhan itu terjadi di tengah gelombang infeksi yang meningkat setelah Cina melonggarkan kebijakan nol-Covid awal bulan ini, sebuah langkah mendadak yang disambut baik oleh bisnis dan publik tetapi sangat mengganggu operasi bisnis dalam jangka pendek.

Halaman:
Reporter: Syahrizal Sidik
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...