Puncak Arus Balik Natal, 52 Ribu Kendaraan Kembali ke Jakarta

Syahrizal Sidik
25 Desember 2022, 22:19
Puncak Arus Balik Natal, 52 Ribu Kendaraan Kembali ke Jakarta
ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya/foc.
Sejumlah kendaraan melintas saat diberlakukan sistem satu arah menuju arah Jakarta di Jalan Raya Puncak, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Minggu (25/12/2022). Satlantas Polres Bogor memberlakukan sistem satu arah atau one way ke arah Jakarta di Jalan Raya Puncak dan belasan ribu kendaraan wisatawan yang ada di kawasan Puncak diprediksi akan kembali ke arah Jakarta hari mulai siang hari ini.

PT Jasamarga Transjawa Tol memperkirakan puncak arus balik pada hari libur Natal akan terjadi pada Minggu malam ini (25/12). Perusahaan memprediksi, sebanyak 52.994 kendaraan kembali menuju Jakarta melalui Gerbang Tol (GT) Cikampek Utama.

Direktur Bisnis dan Operasi Jasamarga Transjawa Tol, Pratomo Bimawan Putra, mengatakan, pada puncak arus balik, peningkatan lalu lintas pada Gerbang Tol Cikampek Utama menuju Jakarta terjadi mulai pukul 16:00 hingga malam hari.

"Kami dari Jasa Marga memperkirakan puncak arus balik untuk periode libur Natal pada Minggu (25/12) yang dimulai sore hingga malam ini," kata Bima dalam konferensi pers di Cikampek, Jawa Barat, Minggu, seperti dikutip dari Antara. 

Jasa Marga memperkirakan, jumlah kendaraan yang akan kembali menuju ke Jakarta hari ini melalui GT Cikampek Utama sebesar 52.994 kendaraan. Untuk mengantisipasi kepadatan lalu lintas, perusahaan telah mempersiapkan jumlah gardu yang dapat ditambahkan sampai dengan 23 gardu tol dari 15 gardu pada kondisi normal.

Selain menambah jumlah operasi gardu tol, GT Cikampek Utama juga mempersiapkan 17 mobile reader yang dapat dioptimalkan untuk menambah kapasitas transaksi jika terjadi kepadatan lalu lintas pada arus balik libur Natal ini. 

Sebelumnya, Direktur Utama Jasa Marga Subakti Syukur mengatakan untuk puncak arus balik Natal diprediksikan pada Minggu (25/12/2022).

Jasa Marga memperkirakan volume lalu lintas yang masuk Jabotabek untuk arus balik Natal-Tahun Baru melalui empat gerbang tol utama sebanyak 2,71 juta kendaraan atau naik 1,2 persen terhadap arus balik Natal-Tahun Baru 2021/2022 sebanyak 2,6 juta kendaraan.

Adapun perkiraan distribusi lalu lintas arus balik saat Natal-Tahun Baru yakni sekitar 47,4 persen kendaraan dari arah timur atau Tol Trans Jawa.

Reporter: Antara
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait