DPR Akan Panggil BRIN dan BMKG Imbas Beda Prediksi Soal Cuaca Ekstrem

Syahrizal Sidik
28 Desember 2022, 21:25
Gedung DPR
Arief Kamaludin|KATADATA
Ilustrasi. DPR akan memanggil BRIN dan BMKG imbas perbedaan prediksi soal cuaca ekstrem hingga akhir tahun di Jabodetabek.

Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) akan memangil Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) dan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) imbas perbedaan informasi yang disampaikan kepada publik perihal cuaca ekstrem di Jabodetabek hingga akhir tahun ini. 

Wakil Ketua DPR RI, Sufmi Dasco Ahmad menyatakan, DPR RI melalui komisi teknis terkait, parlemen akan memanggil BRIN dan BMKG agar kedua lembaga tersebut dapat menyinkronkan data sebelum menyampaikan informasi kepada publik.

"Kita minta komisi teknis dalam hal ini yang membawahi BRIN dan BMKG untuk memanggil dan menyinkronkan agar kedua lembaga ini saling mengintegrasikan data," kata Dasco, seperti dikutip dari Antara, Rabu (28/12).

Sebagaimana diketahui, dalam prediksinya, BRIN menyebut akan terjadi badai dahsyat di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya pada hari ini. Sedangkan, BMKG menyebut, berdasarkan prakiraan cuaca, pada 28 Desember 2022 yang terjadi adalah hujan dengan intensitas sedang hingga lebat, namun bukan badai.

Namun, BMKG mengimbau agar masyarakat waspada terhadap potensi bencana hidrometeorologi. Pasalnya, menurut perkiraan BMKG, hujan dengan intensitas sedang hingga lebat masih berpotensi terjadi hingga awal Januari 2023.

Dasco meminta masyarakat agar tidak perlu berpolemik maupun was-was terkait informasi yang dikeluarkan kedua lembaga itu karena sebetulnya membawa substansi sama.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...