Membaca Goenawan Mohamad: Bentuk Mengagumi dengan Cara Kritis

Ade Rosman
29 Desember 2022, 21:38
Sastrawan Goenawan Mohamad menghadiri peluncuran buku 'Membaca Goenawan Mohamad' di Teater Utan Kayu, Jakarta
Katadata
Sastrawan Goenawan Mohamad menghadiri peluncuran buku 'Membaca Goenawan Mohamad' di Teater Utan Kayu, Jakarta

Komunitas Utan Kayu meluncurkan buku 'Membaca Goenawan Mohamad', yang di dalamnya memuat sejumlah tulisan dari para tokoh saat memperingati hari ulang tahun ke-80 sastrawan kenamaan Indonesia tersebut.

Ayu Utami, penyunting buku ini mengatakan 'Membaca Goenawan Mohamad' merupakan salah satu bentuk mencintai karya-karya pendiri Majalah Tempo itu dengan pembacaaan secara kritis.

Sebanyak 16 penulis, menelisik secara mendalam pemikiran GM, sapaan akrabnya, di seputar sastra, filsafat dan demokrasi dari seminar yang diselenggarakan Salihara dan Komunitas Utan Kayu pada 25-27 Maret 2022. 

"Nah, yang ingin saya lakukan bersama teman-teman adalah melakukan pembacaan yang serius dan kritis terhadap pemikiran mas Goen (Goenawan)," kata Ayu, saat peluncuran buku tersebut, di Jakarta, Kamis (29/12).

Ayu mengatakan, Goenawan merupakan sosok yang sangat hebat, namun, sayangnya, tambah Ayu, karya-karyanya yang luar biasa, masih kurang dibaca dengan kritis.

"Novelnya mas Goen itu bagus sekali sebenarnya. Tapi kajian mengenai itu tidak banyak. Kenapa ini terjadi? Saya gak tahu. Mungkin orang memandang mas Goen ini udah kayak begitu saja," kata Ayu.

Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...