Luhut: Subsidi Pembelian Kendaraan Listrik Diumumkan Awal Februari

Syahrizal Sidik
27 Januari 2023, 08:48
Luhut: Subsidi Pembelian Kendaraan Listrik Diumumkan Awal Februari
Katadata / Wahyu Dwi Jayanto
Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan

Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi (Menko Marinves) Luhut Binsar Pandjaitan menyatakan, pemerintah akan mengumumkan mengenai insentif untuk pembelian kendaraan listrik pada awal Februari.

"Mudah-mudahan minggu depan Februari awal (pengumuman subisdi)," ujar Luhut, di acara Saratoga Investment Summit 2023 di Hotel Fairmont, Jakarta, Kamis (26/1).

Advertisement

Luhut mengatakan, Presiden Jokowi telah memutuskan, pemerintah akan mempercepat penerapan kendaraan listrik di Tanah Air. Nantinya, Menteri Keuangan Sri Mulyani akan menerbitkan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) terkait besaran subsidi kendaraan listrik pada 1 Februari mendatang. Adapun, terkait besaran subdisi ini, pemerintah akan mengacu kepada Thailand. 

Luhut merinci, insentif yang diberikan berupa subsidi senilai Rp 7 juta untuk membeli motor listrik baru, sedangkan untuk mobil listrik berupa insentif pengurangan pajak.

“Ada dua, satu yang convert dari motor biasa menjadi motor listrik, satu lagi yang motor listrik murni. Sudah ada angkanya kira-kira Rp 7 juta, tepatnya nanti akan diumumkan resmi. Mobil listrik insentifnya mungkin pajaknya yang 11% akan dikurangi,” ujarnya.

Luhut mengatakan, bahwa pemerintah menargetkan porsi sepeda motor listrik mencapai 10% dari total populasi kendaraan listrik dalam dua tahun atau pada 2025. “Kita punya sepeda motor 130 juta, kita harus membuat populasi EV ini dari motor 10% dari jumlah itu dua tahun dari sekarang,” imbuh Luhut.

Oleh karena itu, dia mendorong agar produsen otomotif segera meningkatkan produksi kendaraan listriknya. “Jadi kalau anda mau bikin sepeda motor (listrik), silakan. Bikin saja, nanti ada dua insentif,” ucapnya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement