Dirut Pertamina: Akuisisi 35% Saham Blok Masela Masih Proses

Muhamad Fajar Riyandanu
27 Januari 2023, 10:39
Pertamina yang diputuskan menjadi kandidat tunggal terkait pengambilalihan 35% saham Blok Masela dari Shell.
Pertamina Hulu Energi
Ilustrasi. Pertamina memastikan sebagai kandidat tunggal yang akan mengambilalih 35% saham Blok Masela dari Shell. Pertamina akan bekerja sama dengan Inpex Corporation.

Direktur Utama PT Pertamina (Persero), Nicke Widyawati memastikan perusahaan menjadi satu-satunya pihak yang akan menggantikan Shell di Proyek Abadi LNG Blok Masela. Pertamina bakal bekerja sama dengan Inpex Corporation sebagai operator sekaligus pemegang saham mayoritas Blok Masela.

Nicke juga menepis adanya kabar yang menginformasikan perusahaan bakal membentuk konsorsium dengan perusahaan migas asal Malaysia, Petronas. "Belum ada rencana itu. Jadi Pertamina masuk dulu sendiri," kata Nicke di Hotel Fairmont Jakarta pada Kamis (26/1).

Advertisement

Pertamina sejauh ini masih melakukan uji tuntas atau due diligence dengan mempelajari data yang dikirim oleh Shell. Nicke juga menyebut bahwa perusahaan juga telah menyampaikan dokumen penawaran kepada Shell sebagai persyaratan pengambilalihan 35% saham hak partisipasi pengelolaan Proyek Abadi LNG Blok Masela.

"Semua masih proses, Pertamina sudah menyampaikan offering-nya juga dan ada beberapa data yang dikirim, ini sedang kami studi lagi," ujar Nicke.

Informasi mengenai Pertamina yang diputuskan menjadi kandidat tunggal terkait pengambilalihan 35% saham hak partisipasi pengelolaan ladang gas Blok Masela dari Shell juga disiarkan oleh Menteri ESDM Arifin Tasrif.

Arifin mengatakan, proses alih aset blok proyek gas alam cair yang terletak di Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Maluku tersebut sudah memasuki tahap final.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement