Kereta Cepat Jakarta-Bandung Hampir Rampung, Beroperasi Juli 2023

Syahrizal Sidik
28 Januari 2023, 21:41
Kereta Cepat Jakarta-Bandung Hampir Rampung, Beroperasi Juli 2023
ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/tom.
Rangkaian Electric Multiple Unit (EMU) menjalani uji operasional Kereta Cepat Jakarta-Bandung di Stasiun Tegalluar, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Kementerian Perhubungan menyatakan proyek Kereta Cepat Jakarta - Bandung (KJCB) hampir rampung. Saat ini, progres pembangunan konstruksi telah mencapai 84%. 

PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) dan PT Kereta Api Indonesia (KAI) menargetkan, proyek pembangunan KCJB rampung pada Juni 2023 dan diharapkan beroperasi secara komersial Juli 2023. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memastikan, pemerintah akan terus mengawal penyelesaiannya. 

“Pak Luhut (Menkomarves), Pak Erick (Menteri BUMN), dan saya ditugaskan bapak Presiden untuk mengawal proyek ini. Kereta ini diharapkan dapat meningkatkan daya saing bangsa kita,” kata Menhub  Budi saat meninjau proyek KCJB di Stasiun Tegalluar, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Sabtu (28/1), dalam siaran persnya. 

Menhub mengatakan, pembangunan proyek infrastruktur transportasi publik seperti kereta cepat ini diperlukan untuk mengatasi masalah kemacetan.

“Kita tahu bahwa cost dari kemacetan itu triliunan. Oleh karena itu bapak Presiden Jokowi memberikan tantangan kepada kami untuk bangun MRT, LRT, kereta cepat, dan transportasi publik lainnya, yang diharapkan bisa mengurangi kerugian yang ditimbulkan akibat kemacetan,” ucap Budi.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...